Berjalan Setelah Makan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Hidup Sehat – Saat perut kenyang setelah makan, kita pasti sering merasa ngantuk dan ingin duduk santai. Biasanya kita bakal duduk-duduk sambil ngantuk atau menonton TV.

Duduk setelah makan ini sebenarnya bagus bagi pencernaan karena posisinya. Tapi dibanding hanya duduk, ada satu cara lagi yang cara yang paling tepat dan bahkan bisa buat turunkan berat badan.

http://www.sehat88.com

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan di treadmill selama 15 menit setelah makan. Olahraga ringan ini bisa berdampak sangat baik pada pencernaan.

Sumona Saha, gastroentrologis dari University of Wisconsin School of Medicine ungkap bahwa cara ini diketahui bisa menstimulasi organ dalam tubuh dan dorong kotoran keluar dari usus secara efektif. Dengan kata lain, hal ini juga bisa turunkan berat badan.

Efek berjalan untuk turunnya berat badan telah lama diketahui, namun manfaat dari berjalan setelah makan terhadap menurunnya berat badan masih belum banyak dibahas.

Manfaat Berjalan Setelah Makan

Erin Coates, ahli diet dari Cleveland Clinic sebut bahwa jika seseorang berjalan setelah makan, maka hal ini bisa bantu dia turunkan berat badan.

“Kamu akan membakar lebih banyak kalori setiap menit tambahan yang dihabiskan untuk berjalan,” terangnya.

Berjalan dan Berolahraga untuk Turunkan Berat Badan

Pada tahun 2013 lalu, ada penelitian yang ungkap bahwa gula darah seseorang bakal menurun setelah berolahraga di treadmill selama 15 menit. Hal ini secara langsung juga berdampak pada menurunnya berat badan.

Walau begitu, Coates jelaskan bahwa hal ini tidak bakal berdampak pada menurunnya berat badan signifikan dalam jangka panjang. Jika ingin berat badan turun, hal ini sebaiknya juga tidak menjadi satu-satunya hal yang diandalkan.

Diketahui bahwa berjalan 15 menit setelah makan miliki dampak yang sama dengan jalan pagi selama 45 menit. Walau begitu, penting juga untuk mengimbanginya dengan olahraga rutin lainnya.

Coates juga sarankan orang tua untuk konsumsi makanan sehat, berjalan 30 menit beberapa kali seminggu, dan melakukan sejumlah olahraga angkat beban. Seluruh hal ini bisa meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori.