Cara Mudah untuk Turunkan Berat Badan

Hidup Sehat – Kecepatan makan ternyata bisa tentukan seberapa cepat atau mudah kamu jadi gemuk. Diketahui bahwa makan secara lambat ternyata bisa bantu kamu makan lebih sedikit dan terhindar dari kegemukan. Tentu ini kabar buruk bagi banyak dari kita yang selalu makan dengan terburu-buru.

http://www.sehat88.com

Sama seperti makan dengan menonton televisi dan bermain smartphone, makan terlalu cepat juga bisa dampak pada lingkar perut. Hal ini karena buat seseorang jadi cenderung makan lebih banyak dari biasanya.

Dilansir dari Medical Daily, walau lama dan merepotkan, makan secara perlahan bisa sebabkan sejumlah manfaat termasuk turunnya berat badan. Hal ini juga bantu nutrisi terserap lebih baik, tingkat stres menurun, serta kondisi pencernaan meningkat.

Pada sebuah penelitian di Iowa, amerika Serikat, terdapat 45 orang dewasa sebagai partisipan. Mereka terbagi jadi partisipan dengan berat badan normal, kelebihan berat badan, serta obesitas.

Awalnya, peneliti melakukan ukuran dari jumlah kunyahan yang dilakukan seseorang sebelum menelan makanan. Mereka diminta untuk kunyah pizza selama makan siang dengan jumlah 100 persen, 150 persen, dan 200 persen dari kebiasaan mereka.

Ketika partisipan mengunyah 150 hingga 200 persen dibanding biasanya, jumlah makanan yang dikonsumsi menurun hingga 9,5 dan 14,8 persen. Hal ini buktikan bahwa mengunyah makanan secara perlahan bisa kurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Penelitian lain coba melihat efek dari mengunyah terhadap keseimbangan hormon dan tingkat energi. Dibandingkan ketika mengunyah 40 kali, tingkat energi dan ghrelin seseorang menurun saat dia mengunyahnya 15 kali.

Setelah kamu menelan makanan, hormon ghrelin bakal ditekan karena otak menerima sinyal bahwa perut telah penuh. hal ini tentu saja bantu turunkan selera makan seseorang.

Penelitian lain yang dilakukan di Harbin, China juga coba membahas mengenai hal ini. Penelitian ini dilakukan terhadap 16 orang dengan badan kurus dan 14 orang yang alami obesitas.

Peneliti menyebut bahwa proses mengunyah secara perlahan membuat otak miliki waktu yang cukup untuk memproses informasi bahwa makanan telah dikonsumsi. Menurunnya berat badan bisa disebabkan dengan mengunyah perlahan karena otak menerima sinyal secara cukup ketika bagian lain tubuh berkoordinasi untuk menekan rasa lapar.

Walaupun cukup merepotkan untuk kunyah lebih perlahan dan banyak, namun hal ini terbukti miliki banyak makanan. Saat ini, sebagian besar orang terlalu cepat mengunyah makanan sehingga muncul masalah seperti obesitas dan lain sebagainya.

Dengan mengunyah lebih perlahan dan lebih banyak, maka makanan bisa diproses oleh tubuh secara lebih baik. Hal ini bisa timbulkan manfaat kesehatan serta turunkan berat badan.