Tips Mengembalikan Warna Rambut Tanpa Pewarna

Hidup Sehat – Munculnya rambut putih tidak hanya disebabkan oleh penuaan. Rambut putih ternyata juga bisa disebabkan karena stress dan bahan kimia dari produk perawatan rambut. Untuk mencegah rambut putih, banyak yang menutupi dengan pewarna rambut.

Namun, tidak semua orang bisa mengecatnya secara sesuka hati, ada beberapa yang alergi dengan bahan pewarna rambut, untuk itu, kami ada beberapa cara alami yang dapat membantu menjaga dan mengembalikan warna rambut anda tetap berkilau diantaranya :

  1. Konsumsi makanan yang meningkatkan melanin

Salah satu cara mengembalikan warna rambut adalah dengan konsumsi makanan yang mengembalikan produksi melanin. Melanin merupakan pigmet (zat warna) kulit dan rambut. Melanin dihasilkan dari sel-sel melanosit yang membuat warna kulit dan rambut jadi lebih gelap.

Makanan yang mampu meningkatkan melanin adalah :

  • Antioksidan diketahui mampu meningkatkan melanin dalam tubuh sehingga membantu mengembalikan warna rambut. Beberapa contoh antioksidan adalah flavonoid dan polfenol yang dapat anda temukan pada buah dan sayur. Senyawa yang juga ampuh melawan radikal bebas ini dapat anda temukan dengan konsumsi sayuran berdaun hijau gelap dan coklat hitam.
  • Vitamin A, B12, dan B16. Selain antioksidan, Vitamin A, B12 dan B16 juga dipercaya membantu mengembalikan warna rambut secara alami. Vitamin A berpengaruh pada produksi minyak kulit kepala sehingga menghasilkan sesuai yang dibutuhkan. Vitamin B12 dan B16 untuk mencegah rambut ubanan sekaligus mengembalikan warna rambut yang berubah akibat kekurangan vitamin. Vitamin ini dapat anda temukan pada buah jeruk, stroberi, kedelai, kacang-kacangan, ikan, telur, daging merah dan sayuran hijau.

  1. Kurangi berjemur dibawah terik matahari.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, warna rambut dapat berubah menjadi terang akibat terik sinar matahari. Sinar UVA dan UVB dari matahari dapat merusak protein rambut akibatnya, rambut jadi kering, rapuh dan pecah-pecah.

Untuk mencegah warna rambut seperti awal dan memastikan rambut tidak rusak, anda perlu mengurangi paparan sinar matahari dengan cara menggunakan topi atau paying saat keluar rumah, dan menggunakan kondisioner sesuai dengan jenis rambut agar terlindungi dari sinar matahari.

Untuk mengembalikan warna rambut secara alami memang tidak secepat menggunakan pewarna rambut. Butuh waktu yang cukup lama hingga anda dapat melihat hasilnya. Jadi, pastikan anda konsisten dan memberi perhatian khusus pada kesehatan rambut anda.