6 Waktu Penting untuk Mengonsumsi Air Putih

Hidup Sehat – Mengkonsumsi air secara teratur dengan jumlah yang tepat adalah salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sejumlah manfaat bisa kita pelajari dari konsumsi minuman ini.

http://www.sehat88.com

Sayangnya, banyak orang lupa manfaat air minum. Banyak orang yang minum lebih sedikit, tetapi beberapa juga menghindari air dan memilih jenis minuman lain yang manis dan bergula.

Pentingnya konsumsi air tidak boleh dikesampingkan terutama karena 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Jumlah air yang tepat juga berguna untuk mengairi sendi, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, mempertahankan suhu tubuh, memulai pencernaan, menghilangkan racun dari tubuh dan banyak hal lainnya.

Setiap orang memiliki jumlah konsumsi air yang ideal yang berbeda sesuai dengan berat badan, tetapi secara umum dikatakan bahwa jumlah konsumsi air yang ideal adalah dua liter per hari. Jumlah asupan air yang benar adalah salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Meskipun konsumsi air ini menawarkan beberapa manfaat kesehatan, ada enam momen penting yang menjadikan konsumsi lebih bermanfaat bagi kesehatan. Dalam laporan Times of India, berikut adalah enam momen penting untuk mengonsumsi air agar tubuh tetap sehat dan bugar.

1. Ketika Bangun Tidur

Memulai hari dengan konsumsi air adalah cara yang benar dan sehat. Ini dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh dan memberi energi sepanjang hari. Kami menyarankan Anda mengonsumsi air pada suhu normal atau hangat dan menghindari air dingin di pagi hari.

2. Sebelum makan

Minum air sebelum makan dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dan menghindari makan terlalu banyak. Minumlah 30 menit sebelum makan untuk membangunkan indera perasa dan melembabkan perut. Ini juga menghilangkan rasa makanan atau minuman yang Anda konsumsi sebelumnya.

3. Saat Anda lapar

Kelaparan bisa muncul ketika kita benar-benar haus. Karena itu, ketika Anda lapar, minum air mungkin menjadi cara yang tepat untuk mengetahui apakah Anda benar-benar lapar atau hanya haus.

4. Sebelum dan sesudah berolahraga

Untuk menghindari dehidrasi, minumlah dua atau tiga gelas air sebelum dan sesudah berolahraga. Metode ini cukup ideal untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tapi jangan langsung minum dalam jumlah besar dalam waktu singkat, ini bisa menyebabkan kram perut.

5. Saat Anda sakit

Saat Anda sakit, penting untuk menambah asupan air dalam tubuh. Metode ini tidak hanya menghilangkan racun dari tubuh, tetapi juga membuat Anda lebih cepat sembuh.

6. Saat Anda lelah

Ketika Anda merasa lelah tetapi tidak cukup istirahat, minum air mungkin menjadi jalan keluar yang tepat. Kelelahan bisa menjadi pertanda dehidrasi yang Anda alami. Minum air putih bisa memberi otak sedikit dorongan meski belum beristirahat.

Jumlah waktu ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengonsumsi air. Mengingat pentingnya air, jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah yang tepat.