Kenali Gejala Penyebab dan Sejumlah Hal Lain Mengenai Pneumonia

Hidup Sehat – Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang rentan terhadap banyak orang. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur.

http://www.sehat88.com

Pneumonia adalah infeksi paru-paru ketika alveoli paru-paru terisi dengan nanah atau cairan. Ini dapat menyebabkan sakit dan masalah kesehatan yang membuat Anda dalam bahaya.

Menurut laporan lung.org, penyebaran pneumonia biasanya terjadi ketika Anda batuk, bersin, menyentuh atau hanya bernapas. Pada beberapa orang, tanpa gejala yang muncul mereka mungkin juga menderita penyakit ini.

Kehadiran nanah atau cairan di paru-paru membuat oksigen sulit masuk ke tubuh untuk bersirkulasi melalui pembuluh darah. Gejala-gejala pneumonia mungkin tampak sedang atau bahkan parah, dan termasuk batuk, demam, kedinginan dan kesulitan bernapas.

Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat keparahan masalah pneumonia ini dari jenis bakteri yang menyebabkan infeksi paru-paru, usia seseorang dan kondisi kesehatan mereka secara umum. Risiko terbesar penyakit ini dialami oleh anak kecil dan anak-anak, orang di atas 65, serta orang yang memiliki masalah kesehatan.

Apa Penyebab Pneumonia?

Pneumonia bisa disebabkan oleh sejumlah sejumlah bakteri, virus, dan jamur pada udara yang kita hirup. Mengidentifikasi penyebab dari pneumonia yang kamu miliki merupakan langkah penting untuk mendapat penanganan yang tepat.

Faktor Risiko Pneumonia

Semua orang bisa terkena pneumonia, tetapi banyak faktor yang dapat meningkatkan peluang mereka terkena penyakit ini. Salah satu faktor risiko terpenting adalah usia.

Seseorang yang berusia di atas 65 memiliki risiko lebih tinggi karena sistem kekebalan semakin sulit untuk melawan infeksi seiring bertambahnya usia. Anak kecil dan anak di bawah dua tahun juga berisiko tinggi karena sistem kekebalan tubuh mereka belum berkembang sepenuhnya.

Faktor risiko lain juga dapat muncul karena kondisi medis, kebiasaan, dan lingkungan. Pada orang dengan penyakit paru-paru dan penyakit lain, mereka lebih rentan terhadap penyakit ini.

Kebiasaan konsumsi rokok dan alkohol juga dapat meningkatkan risiko pneumonia. Paparan serangkaian bahan kimia beracun, kontaminan, dan gas buang juga dapat meningkatkan risiko masalah ini.

Gejala Pneumonia

Gejala-gejala pneumonia bervariasi dari tidak berbahaya, sehingga sulit dikenali sampai parah, yang memerlukan perawatan di rumah sakit. Cara tubuh merespons pneumonia tergantung pada jenis kuman yang menyebabkan infeksi, usia dan kondisi kesehatan secara umum.

Gejala pneumonia dapat berupa:

– Batuk dengan gelombang kehijauan, kuning atau bahkan darah
– Demam, keringat dingin dan kedinginan.
terengah-engah
– Napas pendek dan cepat
– Tusukan dan nyeri dada saat bernafas atau batuk.
– Kehilangan nafsu makan, energi rendah dan kelelahan.
– Mual dan muntah, terutama pada anak-anak.
– Perasaan bingung, terutama pada lansia.

Gejala-gejala pneumonia biasanya berkembang dari waktu ke waktu dalam beberapa hari. Gejala awal biasanya sama dengan flu: demam, batuk, pusing, nyeri otot, dan kelemahan.

Pada beberapa orang, terutama anak-anak dan orang tua, gejala yang muncul mungkin juga berbeda. Bagi orang tua, menderita pneumonia dapat menyebabkan masalah kesehatan mental.

Cara Mencegah Pneumonia

Pneumonia dapat dicegah dengan pemberian vaksin dan mengadopsi gaya hidup yang tepat. Juga, kontrol kontak dan kontrak dengan orang lain, terutama mereka yang menderita penyakit ini. Beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pneumonia adalah:

– Berhenti merokok karena ini dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi saluran pernapasan.
– Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air.
– Tutup mulut Anda saat batuk dan bersin. Setelah itu, segera buang tisu yang Anda gunakan.
– Terapkan gaya hidup sehat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Istirahat yang cukup, makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur.