Inilah 6 Manfaat Sehat Tidur 8 Jam Sehari

Hidup Sehat – Tidur terlihat sangat sepele, akan tetapi kenyataannya jika anda mengalami kurang tidur malah akan berakibat berbahaya. Bayangkan saja misalkan besok mau pergi berwisata bersama keluarga tapi malamnya anda kurang tidur. Maka konsentrasi anda pastinya akn terganggu, padahal untuk berwisata adalah satu momen yang pastinya akan membuat keluarga menjadi bahagiah.

Jikalau malamnya anda kurang tidur, ada kemungkinan anda pasti akan tidak berkonsentrasi dalam perjalanan yang mengakibatkan kecelakaan yang tidak diinginkan. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan pada saat malam hari setidaknya anda cukup 8jam dalam semalam untuk beristirahat tidur. Inilah manfaat kesehatan jika anda cukup tidur.

1. Otak Lebih Tajam

Saat anda kurang tidur, tanpa disadari anda orang yang akan mengalami kesulitan untuk mengingat kembali sesuatu hal yang penting apalagi detailnya. Tidur adalah salah satu peran penting untuk fungsi kognitif yaitu pelajar dan mengingat. Tanpa tidur yang cukup, otan pasti akan sulit untuk berfokus dan mengambil informasi baru. Otak pun tidak memiliki cukup waktu untuk menyimpan ingatan padahal ini akan diputar kembali sewaktu – waktu saat anda memerlukannya.

2. Lebih Bahagiah

Tidak hanya memengaruhi otak, tidur yang cukup juga mempengaruhi perasaan. Saat anda lelah, orang akan cenderung mudah marah. Pekerjaan kecilpun akan serasa menjadi berat. Mudah sekali untuk anda menjadi frustasi. Kurang tidur kronis biasa beresiko mengalami gangguan perasaan. Sebuah studi telah menyebutkan jika ada seseorang yang memiliki insomnia, kemungkinan beresiko 5kali lebih besar mengalami depresi atau gejala gangguan kecemasan dan kepanikan yang semakin parah.

3. Kontrol Nafsu Makan

Saat malam, kebutuhan kalori dalam tubuh akan berkurang secara drastis. Akan tetapi jika porsi tidur anda berkurang maka otak akan mengirim signal kepada anda sehingga anda akan mengalami kelaparan dan tidak aneh jika ada aktivitas makan di tengah malam. Tidur yang cukup akan membuat tubuh anda memproduksi hormone Leptin yang cukup untuk tubuh anda. Hormon inilah yang akan membuat otak anda tahu bahwa sudah merasa kenyang dan waktunya anda berhenti makan.

4. Jantung Lebih Sehat

Tidur akan memberikan tubuh anda kesempatan untuk melakukan istirahat. Jantung dan pembuluh darahpun akan mengalir dengan tenang waktu anda melakukan istirahat sehingga tekanan darahpun akan menurun. Kurang tidur malah akan memaksa tekanan darah terus meningkat hampir 24jam. Tekanan darah yang tinggi akan bisa menimbulkan resiko penyakit stroke dan jantung.

5. Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Ternyata tidur itu mempunyai kontribusi pada penguatan sistem pertahanan pada tubuh atau bisa disebut sebagai imun. Saat anda tidur, sistem imun dalam tubuh akan melepaskan komponen yang bernama inflamasi akibat infeksi. Jika kurang tidur maka akan kurang juga produksi sitokin untuk menjada anda dari serangan penyakit. Selain sitokin, kurang tidur juga akan membuat suatu komponen pertahanan tubuh lainnya akan menjadi lemah dan tidak memadai seperti antibody dan sel darah putih.

6. Kulit Lebih Sehat

Tidur yang cukup akan memberikan tubuh anda kesempatan untuk memperbaiki sel – sel yang sudah rusak. Jika anda tidur cukup dan teratur, maka anda bisa terlihat lebih awet muda. Sebuah setudi dari Clinical dan Experimental Dermatology telah menemukan bahwa partisipan yang cukup waktu untuk tidur pulih dari paparan sinar UV dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur. Kulit pun akan sembuh dari trauma minor lebih cepat.

Itulah beberpa manfaat jika anda cukup tidur dalam sehari. Beristirahatlah setidaknya 8jam agar anda bisa lebih sehat untuk menjalani hidup. Dan jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang sehat.