Siapa Sangka, Ternyata Biji Selasih Memiliki 8 Manfaat Bagi Tubuh Manusia

Hidup Sehat – Kita telah banyak memanfaatkan biji – bijian untuk kesehatan tubuh dan juga makanan. Contoh yang sederhana, misalkan jenis biji yang sering kita gunakan atau konsumsi sehari – hari adalah kedelai. Bijian seperti ini bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan seperti tahu, tempa, susu kedelai, hingga bisa dibuat menjadi makanan lezat lainnya. Kedelai juga mengandung banyak protein dan karbohidrat yang baik bagi tubuh manusia. Selain kedelai, ada satu lagi biji – bijian yang bisa digunakan untuk bahan makanan, tetapi juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Biji itu merupakan biji selasih.

Biji yang berukuran sangat kecil ini berasal dari jenis tumbuhan mirip dengan kemangi ataupun basil. Biji yang kecil ini biasanya memiliki selaput yang sangat kenyal kalau terendam oleh air dan bentuknya hampir mirip dengan telur kodok.

Jika anda penasaran seperti apa manfaat dari biji selasih itu. Mari kita simak beberapa ulasan manfaar dari biji selasih untuk kesehatan.

1. Mengandung Banyak Mineral

Dengan hanya anda mengkonsumsi sebanyak 1 sendok biji selasih kering. Anda sudah bisa mendapatkan cukup banyak suplai mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda. Mineral yang disuplai oleh biji selasih terdiri dari zat besi, kalsium, dan magnesium. Ketiga nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Zat besi bermanfaat untuk kesehatan darah sehingga sel darah merah bisa mengedarkan dan mempelancar peredaraan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Selanjutnya kalsium dan magnesium baik sekali untuk kesehatan gigi dan tulang khususnya mereka yang sudah lanjut usia.

2. Pengental Alami Yang Aman

Biji selasih menghasilkan semacam lender yang teksturnya lumayan kental. Jikalau biji ini dibuat menjadi bubuk dan dicampurkan ke dalam makanan, sehingga kemungkinan besar makanan akan menjadi lebih kental secara alami tanpa mengubah rasanya. Dengan kelebihan biji selasih ini bisa digunakan sebagai pengental makanan dan juga sebagai menambahkan serat.

3. Mengandung Banyak Antikoksidan

Tubuh juga membutuhkan antioksidan dari makanan untuk menguatkan sistem imunitas tubuh. Salah satu antikoksidan yang perlu oleh tubuh adalah jenis polifenol. Zat ini terdapat pada biji selasih yang biasa dioleh menjadi makanan ataupun minuman.

Jika anda rutin mengkonsumsi selasih sebagai makanan ataupun suplemen, maka daya tahan tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Daya tahan yang meningkat dan akan membuat anda menjadi jarang sakit.

4. Menyuplai Kebutuhan Serat Harian

Kandungan serat dari biji selasih itu bisa dibilang sangat banyak dan juga bisa membuat anda mencukupi kebutuhan harian tubuh. Kandungan serat yang diperoleh dari biji selasih akan membuat anda menjadi lebih kenyang sehingga akan membuat anda bisa membantu menurunkan berat badan.

Kalau anda merasa lapar, anda bisa menggunakan biji selasih sebagai pengganti makanan sampingan. Selanjutnya jika waktu jam makan sudah tiba, maka anda bisa mengkonsumsi makanan yang anda inginkan.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dalam pencernaan didalam perut juga bisa menyehatkan jika anda mengkonsumsi biji selasih. Karena perut memiliki dampak peran yang besar dalam kesehatan tubuh. Jikalau didalam perut bermasalah, kemungkinan besar akan mmembuat organ lain disekitar akan bermasalah. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi selasih dengan lebih sering agar kesehatan dalam perut terjaga. Kandungan serrat yang tinggi dalam biji selasih akan menjadi tempat yang baik untuk perkembangan bakteri baik. Maka, gangguan dalam pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit tidak akan terjadi lagi.

6. Mengontrol gula darah

Gula darah di dalam tubuh akan lebih terkontrol dengan baik kalau Anda mengonsumsi selasih setiap hari. Biji selasih juga bisa membuat tubuh lebih sensitif dengan insulin sehingga gula yang ada di dalam darah bisa digunakan menjadi sumber energi dan kondisi seperti diabetes sudah pasti tidak terjadi.

7. Menjaga level kolesterol

Serat yang ada di dalam tubuh akan menyerap lemak berlebihan dan juga LDL yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi makan berserat seperti oatmeal dan juga biji selasih. Dengan perpaduan dua biji-bijian itu, HDL bisa meningkat dan risiko gangguan pada jantung tidak terjadi.

8. Mengandung omega-3

Omega-3 merupakan salah satu asam amino yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Zat ini bekerja untuk melindungi beberapa jenis organ seperti jantung dan juga otak. Mengonsumsi biji selasih akan membuat tubuh lebih kebal dengan inflamasi yang terjadi pada dua organ itu.

Inilah manfaat dari biji selasih yang selama ini sering kali kita abaikan. Meski bentuknya kecil dan terlihat tidak memberikan efek apa-apa pada tubuh, selasih ternyata memberikan begitu banyak kelebihan.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dan bisa menggunakan selasih sebagai salah satu alternatif makanan dalam diet yang dijalani.