Manfaat Dan Kahsiat Dari Daun Ekor Naga

Hidup Sehat – Setiap ada penyakit, Allah selalu menjanjikan ada obatnya. Dan itu bisa diwujudkan dengan ikhtiar dan doa yang dilandasi keyakinan bahwa Allah akan menyakit tersebut. Dan salah satu ciptaan Allah yang bisa dimanfaatkan sebagai obatnya adala Daun Ekor Naga untuk mencegah/pengobatan kanker dan tumor.

Dari hasil penelitian para ahli, daun ekor naga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, sehingga membuatnya layak untuk dimasukkan ke dalam golongan tanaman obat. Tanaman ini memang memiliki daun yang sekilas mirip dengan bentuk ekor naga. Di balik bentuknya yang unik, daun ekor naga berkontribusi di dunia pengobatan herbal.

Daunnya yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, serta berguna untuk perawatan kecantikan. Nama latin untuk tanaman ekor naga adalah Rhaphidophora pinnata schott, yang digolongkan ke dalam keluarga Araceae.

Tanaman ekor naga memiliki nama lain seperti samblung. Orang Jawa biasa menyebutnya dengan nama jalu mampang, sedangkan orang Sunda memberikan nama lolo munding. Ciri-ciri tanaman ekor naga Batang tanaman ekor naga tumbuh dengan melilit atau merambat, hingga mencapai tinggi sekitar 15 cm. Batang ini mempunyai akar yang menggantung di udara dan dapat melekat.

Daunnya besar dan lebar, dengan ujung yang runcing. Kandungan yang ada di dalam daun ekor naga Mineral penting yang terdapat dalam daun ekor naga termasuk natrium, zat besi, dan kalium. Sehingga daun ekor naga memiliki sifat diuretik atau sebagai peluruh urin. Daun ekor naga dapat digunakan juga untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan dan penyakit tertentu. Seperti dirilis www.sehat88.com, berikut ini adalah cara membuat ramuan herbal menggunakan daun ekor naga:

1. Mengobati anemia

Daun ekor naga mengandung zat besi yang berlimpah, yang dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi daun ekor naga secara teratur, maka penyakit anemia dapat diobati.

2. Mengobati batuk

Orang Vietnam biasanya sering menggunakan tanaman ekor naga sebagai obat herbal batuk, paralisis, dan konjungtivitis. Cara membuatnya, ambil 3 lembar daun ekor naga dan satukan dengan jahe. Rebus dengan 4 gelas air minum hingga tertinggal kira – kira 2 gelas saja. Minum airnya saat masih hangat.

3. Mempercepat pemulihan luka

Zat besi dalam daun ekor naga bermanfaat untuk mempercepat proses pemulihan jaringan kulit yang mengalami luka. Minum air rebusan daun ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Mengatasi nyeri dan bengkak akibat reumatik

Pembengkakan dan rasa nyeri pada persendian dialami oleh penderita rematik. Untuk mengatasi gejala ini, buatlah ramuan daun ekor naga. Rebus beberapa lembar daun ekor naga dengan air secukupnya, biarkan mendidih selama beberapa saat. Minum larutan ini dengan rutin sampai sembuh.

5. Membantu mengobati kelumpuhan (paralysis)

Orang Vietnam biasanya menggunakan daun ekor naga untuk mengatasi kelumpuhan pada bagian organ tubuh. Caranya tidak sulit, cukup dengan mengkonsumsi air yang diperoleh dari rebusan daun ini.

6. Menguatkan tulang

Mineral yang terpenting terdapat didalam daun ekor naga, ternyata berguna juga untuk menjaga kekuatan tulang. Sehingga efektif untuk mencegah tulang keropos (osteoporosis).

7. Mencegah kanker dan tumor

Daun ekor naga terbukti secara empiris, mampu mencegah dan melawan sel abnormal penyebab kanker. Penggunaan daun ini sebagai anti kanker, telah lama dikenal di Singapura. Cukup dengan menyeduh daunnya sebagai minuman teh.

8. Mengatasi radang kulit

Daun Ekor naga mampu mengatasi berbagai infeksi dan peradangan pada kulit, seperti kurap, ruam, bisul, dan kutu air. Caranya sangat mudah, iris-iris daun ekor naga kemudian tumbuk hingga lumat. Terapkan pada bagian kulit yang bermasalah. Biarkan selama 15 menit, sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari, untuk hasil optimal.

Manfaat daun ekor naga lainnya Daun unik ini juga sering digunakan untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan, seperti suara serak, jerawat, dan sebagai pembersih darah kotor.