7 Jenis Makanan Yang Wajib Anda Konsumsi, Agar Jantung Anda Sehat

Hidup Sehat – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan didunia. Penyebabnya dari penyakit jantung juga beragam. Mulai dari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, gaya hidup yang tidak sehat, tekanan darah tinggi, dan masih banyak penyebab lainnya. Akan tetapi penyakit jantung tidak bisa di cegah. Inilah beberapa makanan yang wajib anda konsumsi agar terhindar dari penyakit jantung. Apa sajakah makanan tersebut? mari kita simak bersama.

1. Buah Berries

Raspberry, Cranberry, Stroberry, Bluberry, dan masih banyak jenis buah berry lainnya yang ternyata tidak hanya enak untuk konsumsi, akan tetapi juga dapat membantu anda memelihara kesehatan jantung. Selain memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi buah berry juga memiliki kandungan yang tinggi fitonutrien yang merupakan senyawa yang dapat melindungi kinerja jantung.

2. Kacang – kacangan

Biji – bijian atau kacang – kacangan yang mengandung serat yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi kacangan sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah atau bisa disebut juga (LDL). Dimana kolesterol darah atau bisa disebut juga dengan LDL yang sangat tinggi untuk memicu terjadinya resiko penyakit jantung. Manfaat lainnya yaitu menurunkan resiko terjadinya pembekuan pada darah yang menyebabkan serangan jantung. Maka dari itu cobalah ganti cemilan anda dengan memakan kacang – kacangan seperti hazelnut atau almond.

3. Ikan Salmon

Ikan Salmon yang emngandung omega 3 yang sangat tinggi, dalam ikan salmon dapat mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan juga dapat meningkatkan imun atau kekebalan tubuh anda. maka dari itu mari rajinlah anda mengkonsumsi ikan salmon mulai sekarang.

4. Cokelat Hitam

Tidak disangka ternyata cokelat juga bermanfaat bagi kesehatan dalam tubuh, terutama adalah jantung. Ternyata dalam coklat hitam itu mengandung flavonoid yang bisa menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler. Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat membantu sel – sel tubuh untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas yang berasal dari lingkungan, seperti asap rokok, serta paparan matahari yang berlebihan. Akan tetapi pastikan anda memilih coklat hitam dengan kandungan kakao yang sangat tinggi. Hot Chocolate yang dibuat dari bubuk kakao lalu dicampurkan dengan sedikit susu juga boleh diminum loh.

5. Bawang Putih

Bahan pelengkap dapur yang satu ini sudah dikenal sejak lama sebagai antibiotic alami. Tidak hanya Cuma itu saja, bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mengurangi pengentalan darah dan bisa meningkatkan kesehatan jantung anda. Selain itu, bawang putih juga dapat merangsang reproduksi empedu agar membantu menurunkan kadar lemak dalam jantung dan hati. Maka dari itu, setiap anda ingin memasak, pastikan gunakan bawang putih dalam masakan anda ya.

6. Jeruk

Buah jeruk juga dapat membantu anda untuk menjaga arteri dan melindungi tubuh anda dari serangan jantung, selain itu, kandungan yang ada didalam jeruk juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

7. Green Tea Atau Teh Hijau

Seorang ilmuan diJepang telah membuktikan bahwa mereka yang telah meminum lebih dari 5 cangkir teh hijau dalam sehari akan memiliki resiko sekitar 20% hingga 25% lebih rendah mengalami kematian akibat serangan stroke dan jantung.

Selain mengkonsumsi makanan yang ada di atas, pastikan anda juga menjalani gaya hidup yang sehat dan istirahat yang cukups erta perbayak olahraga secara rutin. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mari cegah penyakit jantung.