Pentingnya Cairan Tubuh Dan Beberapa Tips Untuk Mencukupinya

Hidup Sehat – Peranan terpenting cairan tubuh adalah mengatur suhu dalam tubuh sekaligus sebagai wadah transportasi untuk mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Jika didalam tubuh mengalami dehidrasi ataupun kekuarangan cairan, maka bisa berakibat terhambatnya seluruh kinerja organ yang adal didalam tubuh manusia.

Cairan yang ada dalam tubuh manusia terdiri dari ION dan air, sehingga saat anda kehilangan cairan tubuh, tidak hanya air yang akan hilang akan tetapi juga ION. ION dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam menghilangkan kelelahan pada otot. Salah satu kelelahan pada otot adalah terhambatnya glikolises atau pemecahan glikogen yang menjadi tenaga.

Asam laknat yantg terdapat didalam tubuh bisa digunakan sebagai cadangan tenaga, akan tetapi karena tubuh kurang cairan, maka proses perubahan itu menjadi terganggu. Sehingga terjadilah gejala tubuh menjadi lemas dan kelelahan.

Lalu, apa yang akan anda lakukan untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh? Dalam cara pengumuman pemenang lonopolis di Grand Indonesia, Jakarta, belum lama ini, brand minuman kesehatan membagikan tips agar cairan tubuh tetap terjaga. Inilah beberapa tips yang diberikan oleh minuman kesehatan, yaitu.

1. Jalankan gaya hidup yang sehat. Bisa anda lakukan dengan menjaga keseimbangan antara istirahat, makan, minum, olah raga, dan bekerja. Masing – masing harus seimbang agar tidak kelelahan, tidak kurang ataupun tidak berlebihan.

2. Menerapkan metode latihan Frequency Intensity Time Type (FITT). FITT adalah kombinasi antara intensitas, frekuensi, waktu dan jenis olah raga.

  • Intensitas merupakan seberapa keras tubuh beraktivitas saat oleh raga. Akan tetapi sesuaikan dengan kondisi tubuh, jika melakukan latihan yang keras maka akan menyebabkan cidera ataupun otot tegang.
  • Frekuensi berkaitan dengan cara menentukan seberapa seringnya anda berolah ragatiap minggunya. Maka dari itu beri jeda waktu untuk istirahat setelah melakukan olah raga agar setiap minggunya tidak over exercised. Misalkan saja, memberikan kesempatan tubuh untuk melakukan istirahat satu ataupun dua hari dalam seminggu dan jangan berolah raga yang terlalu keras.
  • Time cara bagaimana kita menentukan berapa lama waktu yang telah dihabiskan setiap sesi olehraga, juga harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh. Penentuannya waktu bisa bervariasi, berdasarkan instensitas dan jenis olahraga.
  • Type merupakan salah satu jenis olahraga yang dipilih. Jenis olahraga yang anda pilih harus sesuai dengan kebutuhan, kondisi dari kesehatan dan kebutuhan tubuh anda

3. Cukupilah asupan dari cairan tubuh. Anda bisa mencukupinya dengan melakukan minum delapan delapan gelas air dalam sehari, mengkonsumsi sayur dan buah – buahan yang tinggi akan kandungan air dan seratnya, serat berfung si sebagai meningkatkan cairan tubuh atau minum cairan isotonic jika bila perlu.