6 Manfaat Garam Untuk Kesehatan Yang Belum Anda Ketahui

Hidup Sehat – Jika memasak sayur tanpa menggunakan garam pasti rasanya sangatlah tidak enak. Bagaimana dengan manusia yang hidupnya tanpa garam? Garam sangat penting dan diperlukan tubuh untuk mengimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Meski garam bisa membawa efek yang negative jika dikonsumsi terlalu banyak, ternyata tubuh manusia juga membutuhkan garam. Disini kita akan menyimak berbagai manfaat garam untuk kesehatan yang wajib anda tahu.

Manfaat Garam Bagi Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan Metabolisme

Manfaat garam bagi kesehatan ini bisa membantu melancarkan metabolisme anda. Metabolisme yang baik, akan membuat meningkatkan suatu fungsi dalam tubuh. Garam juga dapat membantu menyerap air dalam tubuh demi kelancaran sistem kerja organ tubuh. Hal itu disebabkan oleh mineral dan nutrisi pada garam yang dengan mudah dan dapat menyerap didalam sel darah merah.

2. Meringankan bronchitis dan masalah pernapasan lainnya.

Meringankan gejala bronchitis dan sakit pernapasan nyatanya menjadi salah satu manfaat garam bagi kesehatan. Garam juga berguna untuk menyerap ion yang berbahaya pada udara yang anda hirup dan membantu melawan ion yang berbahaya tersebut agar tidak terserap kedalam tubuh. Maka dari itu, tak jarang ternyata garam bisa meringankan sakit bronchitis, asma, dan sistem pernapasan lainnya yang bermasalah.

3. Membuat rileks tubuh

Merendam tubuh menggunakan garam ternyata bisa menghasilkan tubuh kita menjadi rileks dan otot – otot anda yang kaku. Garam yang digunakan memang agak sedikit berbeda, yaitu menggunakan garam Kristal. Anda bisa menuangkannya dibak mandi dan merendamkan seluruh tubuh anda dengan menggunakan campuran garam tersebut. efek dari garam akan membuat otot dan bagian tubuh yang kaku dan tegang menjadi lebih rilex. Garam juga berperan sebagai detoksifikasi dan menurunkan tekanan darah pada dalam tubuh.

4. Mencegah hiponatremia

Hiponatremia merupakan suatu kondisi dimana tubuh menderita kekurangan garam dan cairan dalam tubuh kita. Biasanya cairannya akan dikeluarkan melalui keringat, diare, atau juga bisa dikenal sebagai intoksikasi air. Jadi, untuk mempertahankan tekanan dalam darah yang sehat beserta kelancaran dalam fungsi otot dan saraf, tubuh sangat membutuhkan garam. Jika tubuh tidak tercukupi oleh garam, maka akan terjadi ketidakseimbangan kadar air dalam tubuh dan pada akhirnya terjadi pembengkakan pada tubuh karena sel mengalami kelebihan air.

5. Membersihkan mulut

Manfaat lain dari garam untuk kesehatan ini bisa membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi disekitar mulut. Ngilu pada gigi, atau gusi yang berdarah bisa diredakan dengan hanya berkumur – kumur dengan cairan garam. Caranya sangat mudah, campurkan setengah sendok the garam dan secangkir air hangat. Tindakan ini untuk mencegah terbentuknya pembengkakan dan menenangkan sakit pada gusi.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Jika anda sedang program diet dan tidak dapat cukup garam pada tubuh anda, maka dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan asam klorida dalam perut. Kondisi seperti ini akan membuat semakin para jika sebelumnya memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti terkena asam lambung. Dengan kadar garam yang cukup, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke atas tenggorokan.