Hidup Sehat – Di zaman yang semua serba canggih saat ini, banyak orang yang hampir tidak bisa melepaskan diri dari gadget ataupun ponsel. Ketika bangun tidur sampai ingin mau tidur lagi, pasti tangan dan mata tidak ada hentinya menatap ponsel ataupun gadget anda. Entah itu hanya iseng melihat sosial media ataupun bermain game, ataupun mencari berita disosial media apapun itu alasannya. Pada saat ini sudah banyak orang yang sangat ketergantungan dengan perangkat elektronik yang satu ini, sampai ponsel dibawa sampai tertidur. Ditaruh bawah bantal dan bahkan di samping kepala.

Akan tetapi tahukah anda bahwa tidur didekat ponsel itu sangat berbahaya? Mari kita simak bahaya akibat tidur dekat ponsel.

1. Mengurangi kemampuan kosentrasi

Apakah anda pernah tertidur sambil memegang handphone? Atau anda pernah sengaja menaruhnya dibawah bantal? Anda tidak sendirian, pasalnya sebanyak 63% dari pemilik ponsel selalu tidur dekat ponsel yang ditaruh tepat disamping tempat tidur. Hal ini dilakukan agar anda mudah menjangkau ponsel atau agar bunyi dari ponsel tersebut bisa terdengar dengan jelas. Akan tetapi tahukah anda bahwa meletakkan ponsel dibawah bantal ataupun dekat dengan anda ketika saat ingin tidur itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Menurut riset membuktikan bahwa ponsel jenis apapun itu pasti akan mengeluarkan radiasi electron magnetic yang mampu mempengaruhi kualitas tidur anda. efek radiasi dari handphone tersebut yang mempengaruhi kualitas tidur ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot anda akan tidak maksimal. Oleh sebab itu, di pagi hari anda mungkin mengalami kurang konsentrasi, tidak fokus, dan nyeri otot.

2. Ponsel dibawah bantal bisa menyebabkan kebakaran

Dalam khasus ponsel terbakar atau meledak memang sudah banyak tersebar pada media masa. Akan tetapi masih saja banyak orang yang sangat ceroboh menaruh ponsel dibawah bantal, terlebih saat anda sedang dalam kondisi tenaga baterai dan membiarkannya semalam.

Khasus seperti ini memang ada ponsel yang tidak sampai meledak, tapi bagaimanapun menaruh ponsel dibawah ponsel saat sedang mengisi daya baterai sangat tidak benar disarankan. Secara logika, ponsel yang dalam kondisi sedang mengisi daya baterai akan cenderung cepat panas saat ditaruh di tempat yang tertutup seperti selimut, bantal, atau apapun itu yang berbahan tebal lainnya sehingga beresiko memicu suatu kebakaran.

3. Membuat anda menjadi sulit tertidur

Gadget, tv, tablet, ponsel pasti akan memancarkan cahaya biru. Dari sebuah riset menunjukan bahwa cahaya biru bisa menghambat produksi hormone melatonin yang berfungsi dalam mengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian atau bisa disebut juga jam biologis tubuh. Hal ini terjadi karena cahaya biru yang cipancarkan akan terjadi gelombang yang panjang seperti pada siang hari, sehingga akan membuat tubuh anda berpikir jika masih siang hari, padahal nyatanya sudah malam.

Ketika anda ingin tidur, pastikan dahulu anda sudah mematikan semua elektronik yang masih nyala dalam dua jam sebelum tidur. Lebih baik lagi, simpan ponsel dan laptop diruangan lain saat anda ingin tertidur.

4. Gangguan sel otak

Menurut WHO, radiasi ponsel bisa sangat mempengaruhi susunan saraf manusia sehingga dapat menyebabkan tumor atau kanker, terutama pada anak kecil, yang memiliki kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis dari pada orang dewasa, yang pastinya lebih rentan terhadap radiasi.

Peneliti kesehatan dari lingkungan, Dr.Devra Davis, telah menyatakan bahwa suatu paparan dari radiasi handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel otak yang rusak membuat resikonya terserang berbagai penyakit meningkat, karena otak adalah salah satu pusat dari pengendalian tubuh.

Jadi, apa yang harus anda lakukan untuk menghindari efek buruk dari handphone?

Berikut beberapa kebiasaan sederhana ndan mudah yang harus anda lakukan agar menghindari pengaruh buruk dari handphone:

  • Usahakan menyimpan ponsel atau alat elektronik lainnya jauh dari area yang jauh dari tempat tidur agar anda saat tidur bisa jauh dari ponsel.
  • Saat anda tidur. Ubah ponsel anda menjadi mode pesawat atau bisa juga matikan ponsel anda.
  • Biasakan untuk tidak memainkan handphone anda diatas jam 10 malam agar anda bisa tertidur lebih tenang.
  • Kurangi melakukan pengecekan ponsel yang terlalu sering saat anda berada sedang rapat, bekerja, ataupun melakukan hal yang penting lainnya agar anda tetap fokus.

Itulah beberapa efek samping jika anda tidur dengan ponsel yang dekat dengan anda.