Cara Mengatasi Mabuk Ketika Melakukan Perjalanan Dilaut

Hidup Sehat – Ada saat tertentu orang harus menggunakan kapal laut atupun perahu. Kondisi seperti ini tidak akan semudah apa yang kita bayangkan jika memiliki mabuk laut. Bagaimana cara untuk mencegahnya?

Ada dua gejala dari mabuk laut yaitu merasa mual dan pusing. Dari sejumlah faktor bisa berkontribusi terhadap kondisi seperti ini. dalam mabuk laut terjadi karena adanya konflik antara indera di dalam tubuh manusia.

Sebuah saluran yang berisi cairan didalam telinga bagian yang bertugas untuk mengontrol rasa keseimbangan akan memberitahu otak bahwa tubuh sedang bergerak. Sementara pada indera penglihatan mata yang melihat seisi kabin memberitahu kepada otak bahwa tidak ada pergerakan. Konflik antara kedua indera tersebut akan menyebabkan tubuh menjadi tidak seimbang dan mempengaruhi suatu pencernaan.

Ada beberapa orang yang terbiasa dengan ketidak seimbangan tersebut, akan tetapi bagi orang lain hal ini mungkin bisa sangat menyiksa. Karena cara untuk pencegahan setiap orang biasanya berbeda – beda satu dengan yang lain.

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan seseorang agar terhindar dari mabuk laut yaitu:

  1. Cobalah untuk mengkonsumsi jahe 12 sampai 24 sebelum melakukan perjalanan, jahe yang di makan bisa dimasukan kedalam makanan ataupun minuman seperti bandrek tau wedang jahe. Selain itu mengemil jahe beberapa jam sebelum melakukan perjalanan juga sangat bisa membantu.
  2. Minumlah air yang cukup sebelum anda melakukan perjalanan. Agar menjaga tubuh tetapi hidrasi bisa membuat orang terhindar dari mabuk laut, selain itu hindarilah konsumsi minuman yang beralkohol karena bisa menyebabkan dehidrasi pada tubuh.
  3. Ngemil makanan seperti oatmeal ataupun roti sejam sebelum melakukan perjalanan akan bisa membantu anda karena beberapa peneliti mengungkapkan tidak membiarkan perut kosong atau terlalu kenyang akan mengurangi mabuk laut. Akan tetapi usahakan untuk bangun tidur lebih awal sehingga bisa makan dengan santai dan memberikan waktu pada perut untuk mencerna makanan dengan baik.
  4. Usahakan untuk duduk dibangku barisan tengah, serta hindari bangku yang berada di belakang.
  5. Cobalah untuk mengambil nafas yang dalam – dalam serta mata harus berfokus horizon dan bukan pada gelombang ataupun objek yang bergerak.
  6. Hisaplah permen dengan rasa lemon yang keras saat perasu atau kapal sudah mulai bergerak dapat membantu menjaga agar perut tidak akan mual.
  7. Diharapkan untuk beristirahat yang cukup sebelum anda melakukan perjalan, karena kelelahan dan letih akan memicu seseorang lebih rentan terkena mabuk laut.
  8. Hindari mengkonsumsi makanan yang asam dan berlemak beberapa jam sebelum perjalanan karena makanan yang asam membuat pencernaan menjadi lambat sehingga tertumpuk di perut. Sedangkan kombinasi antara makanan yang asam dan berlemak atau minyak akan membahayakan sistem pencernaan.
  9. Jika anda sudah mulai merasakan mual, cobalah untuk berdiri dan melihat keluar. Dan diusahakan untuk tidak duduk ataupun menunduk, karena akan membuat kondisi tubuh menjadi semakin buruk.

Itulah beberapa tips untuk anda agar tidak mengalami mabuk laut saat melakukan perjalanan melalui laut. Utamakan istirahat dan makan yang cukup sebelum anda melakukan perjalanan, dan jangan lupa siapkan obat anti mabuk dalam perjalanan anda.