Berjerawat Saat Bangun Tidur? Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Hidup Sehat – Pada Saat bangun tidur di pagi hari, sebagian orang biasanya akan sedikit terkejut saat menemukan beberapa jerawat yang muncul di area sekitar wajahnya dan dapat mengganggu penampilan.

Seorang dokter kulit di New York, dr Whitney Bowe, mengatakan kemungkinan penyebab jerawat bisa karena kombinasi perubahan hormon, stres, dan apa yang kita makan.

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

– Jangan gunakan handuk sama: Bila Terlalu sering mengganti handuk untuk muka memang terdengar boros. Tetapi salah seorang dr Debra Jaliman, asisten profesor di Mount Sinai School of Medicine mengatakan, jika menggunakan handuk yang sama sebanyak dua kali untuk mengeringkan muka, maka hanya akan memindahkan bakteri yang hilang.

Cara Untuk mengatasinya adalah Ganti handuk setelah dua kali pemakaian dengan yang baru atau bisa menggunakan tisu wajah yang kering untuk mengeringkan wajah sesaat setelah mencucinya.

– Rutin mengganti sarung bantal: Berbagai jenis Kotoran, debu, minyak dari rambut ditambah air liur kita yang tertinggal biasanya akan mengumpul di atas sarung bantal yang kita gunakan untuk tidur.

Hal tersebut menyebabkan bakteri dapat berkembang biak di atas sarung bantal tersebut dan menyebabkan jerawat dapat tumbuh lebih mudah.

Untuk mengatasinya, dokter kulit di New York, dr Julie Russak menganjurkan untuk rutin menggantinya setidaknya sekali dalam seminggu.

– Ngemil di tengah malam: Ngemil di tengah malam, terutama makanan dengan cita rasa manis sesaat sebelum tidur, dapat meningkatkan kadar gula darah dan membuat peradangan yang memicu makin buruknya jerawat. Maka dengan itu janganlah ngemil sebelum tidur karena hal tersebut akan menimbulkan jerawat pada wajah anda.

– Bermain HP saat ingin tidur: Ponsel yang kita gunakan sepanjang hari, terdapat bakteri yang dapat memicu tumbuhnya jerawat, terutama di sekitar mulut dan pipi. Maka dengan itu dokter menganjurkan untuk membersihkan wajah dan tangan sebelum tidur dan membersihkan ponsel dengan cairan alkohol atau antibakteri.

– Terlalu banyak menyentuh hingga memencet jerawat: Terlalu sering menyentuh bahkan memencet jerawat apalagi hingga nanah yang ada di dalam jerawat keluar. Kebiasaan ini dapat memperparah dan menimbulkan bekas pada keesokan harinya. Cara untuk mengatasinya hanya perlu kompres dengan air hangat lalu oleskan krim obat jerawat. Bisa juga mengoleskan pengering atau perawatan yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida atau sulfur yang dapat membuat jerawat kering.