Sakit Perut Yang Bisa Menganggu Aktivitas, Kenali Penyakitnya.

Hidup Sehat – Setiap orang sudah tentu pasti pernah merasakan yang namanya sakit perut. Apalagi jika anda beraktivitas sudah pasti anda sangat menganggu aktivitas anda.

Kadang sakit perut bisa saja timbul dengan tiba tiba dan juga bisa hilang kembali dengan cepat.

Ada juga yang menduga bila kita sakit perut kita ingin buang BAB. Ada benarnya juga, tetapi tidak semua tanda tanda tersebut kita ingin melakukan BAB.

Berikut adalah penyebab sakit perut yang akan di jelaskan dan telah di rangkum oleh Hidup Sehat.

1. Gastroesophageal Reflux Disease: Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau gangguan refluks asam lambung.

GERD adalah suatu kondisi yang terjadi ketika makanan di perut kamu dipaksa kembali ke kerongkongan.

Makanan di perut kamu bercampur dengan asam selama proses pencernaan. Ketika terjadi refluks asam kembali ke kerongkongan, akan menyebabkan sensasi panas di perut bagian atas atau maag.

2. Usus Buntu: Usus buntu adalah sebuah jaringan kantong kecil yang memanjang dari usus besar. Segera obati usus buntu kamu karena dapat menyebabkan infeksi yang menyebar dalam tubuh.

3. Diare: Diare merupakan salah satu penyebab sakit perut. Anak-anak juga dapat terkena diare. Penyebabnya tempat makanan yang tidak bersih, makanan yang terkontaminasi, atau memasukkan benda seperti tangan ke mulut.

Diare bisa menyebabkan dehidrasi dan hilangnya elektrolit penting dalam tubuh. Karena itu, banyak minum untuk menghindari dehidrasi.

4. Sembelit: Sembelit adalah kondisi sulit buang air besar atau tidak buang air besar sama sekali selama lebih dari tiga hari atau lebih.

5. Batu Ginjal: Batu ginjal merupakan salah satu penyebab sakit perut pada bagian kiri. Batu ginjal adalah batu kalsifikasi keras yang terbentuk di ginjal.

6. Infeksi Saluran Kencing: Penyebab sakit perut berikutnya yakni urinary tract infection atau infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing yakni nyeri perut, demam dan nyeri saat kencing.