9 Tips Menyembuhkan Radang Tenggorokan yang Mujarab

Hidup Sehat – Radang tenggorokan kerap terjadi saat daya tahan tubuh kita sedang menurun. Berikut tips menyembuhkan radang tenggorokan secara alami dengan cepat.

Radang tenggorokan biasanya terjadi tanpa diduga dan kebanyakan secara mendadak. Penyebabnya bisa terjadi karena perubahan cuaca yang ekstrim atau saat daya tahan tubuh sedang menurun. Biasanya kebanyakan akan mengonsumsi obat, namun kamu bisa mencoba meredakan radang tenggorokan dengan cara alami terlebih dahulu.

Beberapa gejala yang biasanya dirasakan saat mengalami radang tenggorokan seperti sakit sewaktu menelan ludah, mendadak demam, batuk serta ada yang terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening pada sekitar leher.

Berikut tips menyembuhkan radang tenggorokan dan flu secara alami :

  1. Maksimalkan Minum Air Putih

Radang tenggorokan terjadi biasanya ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, dan tidak bisa menghasilkan cukup air liur maupun lendir agar menjaga tenggorokan tetap dalam lembab. Keadaan ini dapat menyebabkan pembengkakan dan membuat radang tersebut semakin memburuk. Sehingga sangat dianjurkan untuk memaksimalkan banyak cairan untuk meredakan rasa sakitnya.

Memaksimalkan minum air putih yang lebih banyak agar selaput lendir tetap lembab dan dapat bekerja secara optimal melawan bakteri dan penyebab radang tersebut.

  1. Berkumur menggunakan Air Garam

Menyembuhkan radang tenggorokan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dan orang dewasa salah satunya adalah dengan menggunakan air garam. Karena dipercaya dapat membantu mengurangi radang tenggorokan. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari dengan cara mencampurkan setengah gelas air putih dengan seperempat sendok garam.

Tips ini tidak dianjurkan untuk balita dan batita yang belum mampu meludah.

  1. Minum Air Perasan Lemon

Menyembuhkan radang tenggorokan cara lainnya adalah dengan menggunakan air perasan lemon. Karena lemon mengandung antioksidan yang tinggi dan juga vitamin C yang sangat  baik untuk meredakan radang tenggorokan.

Dalam lemon terdapat kandungan astringent yang dapat mengurangi pembengkakan pada radang tenggorokan serta dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi dari peradangan tersebut.

Cara pembuatannya hanya dengan mencampurkan 1 sdt jus lemon ke dalam secangkir air hangat. Atau bisa juga dengan memeras lemon serta  menambahkan sedikit madu berkhasiat meredakan radang tenggorokan.

  1. Berkumur Cuka Apel dan Garam

Seperti yang diketahui Cuka Apel bersifat asam yang dapat melapisi tenggorokan dengan menciptakan lingkungan asam yang merupakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri dari infeksi peradangan untukbertahan hidup.

Cara pembuatannya hanya dengan mencampurkan ¼ cangkir cuka apel dan ¼ cangkir madu kemudian kumurlah menggunakan campuran tersebut setiap empat jam sekali.

  1. Berkumur Air Kunyit

Seperti yang diketahui kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberene yang sangat bermanfaat sebagai anti bakteri, antioksidan, dan anti inflamasi.

Cara pembuatannya  hanya dengan mencampurkan ½ sdt kunyit bubuk dan ½ sdt garam ke dalam secangkir air hangat, lalu kumurlah menggunakan campuran tersebut dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

  1. Menghirup Udara Lembab / Uap

Saat radang tenggorokan kerap kali akan menjalar ke flu dan batuk. Sala satu cara menyembuhkan radang tenggorokan pada anak salah satunya bisa dengan alat pelembab udara atau lebih dikenal sebagai alat Uap (humidifier). Lendir dan cairan akibat dari peradangan akan dibersihkan oleh udara yang lembab pada saluran nafas.

Cara lain untuk menyembuhkan radang tenggorokan adalah dengan menghirup uang panas yang terbuat dari air rebusan serei dan beberapa tetes minyak telon pada anak.

  1. Mengonsumsi Makanan Lembut yang mudah dicerna

Saat radang tenggorokan, menelan akan terasa sakit, sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut agar tidak melukai tenggorokan yang sedang mengalami peradangan. Contoh makanan bertekstur lembut yang bisa dikonsumsi saat peradangan adalah bubur, sup ataupun nasi tim.

  1. Obat Pereda Nyeri

Saat radang tenggorokan cara instan yang sering dipilih sebagai alternatif adalah mengonsumsi aspirin, parasetamol dan ibuprofen sebagai pereda nyeri peradangan. Karena obat ini  memiliki fungsi sebagai penghilang rasa sakit dan anti peradangan. Jadi tidak heran apabila sudah obat tersebut akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan juga dapat mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh radang tenggorokan.

  1. Dilarang Merokok

Saat radang tenggorokan, merokok sangat tidak dianjurkan karena dapat memicu peradangan semakin parah. Oleh sebab itu, dengan berhenti merokok jadi salah satunya cara untuk sembuh dari peradangan tenggorokan dengan waktu pemulihan yang lebih cepat.