Bahaya Anak yang Kecanduan Gadget bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat – RSJ Cisarua, Jawa Barat menjelaskan ada sebanyak ratusan pasien anak-anak berusia 7-15 tahun yang sudah divonis mengalami gangguan kecanduan gadget.

“Banyak remaja yang mempunyai kebiasaan menonton Yputube seharian yang menyebabkan munculnya gejala gangguan yang mengarah ke psikologis,” ucap dr. Lina Budiyanti selaku Sub spesialis kesehatan jiwa anak dan remaja

Kecanduan gadget sangat bisa memberikan dampak buruk pada kondisi psikologis anak. Kondisi dimana mudahnya kini anak yang dapat mengakses internet yang didukung oleh  perkembangan teknologi yang membuat anak jadi kecanduan gadget hingga rentan mengalami masalah mental yang dapat mengganggu psikis anak.

Di Ingris, Royal Society for Public melakukan penelitian sebanyak 1500 orang dengan usia 14-24 tahun beranggapan bahwa dengan melihat media sosial akan membuat mereka merasa lebih tenang. Beberapa media sosial yang dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan riset adalah Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, dan Snapchat.

Hasil riset dari responden yang dijadikan sebagai penelitiian mengatakan melalui gambar dan foto di media sosial tersebut serta dampak terhadap kesehatan mental. Berdasarkan hasil riset penelitian  tersebut menyebutkan Instagram dinilai memberikan dampak paling buruk bagi kesehatan psikologi dan selanjutnya pada peringkat kedua adalah Snapchat.

Dr. Becky Inkster, peniliti di University of Cambridge mengatakan bahwa akan sangat menarik melihat Intagram dan Snapchat merupakan media sosial terburuk bagi kesehatan Psikilogis karena dianggap kedua aplikasi media sosial ini dianggap dapat meningkatkan perasaan cemas pada anak muda.

Kini pihak penelitian mengharapkan adanya upaya dari pemerintah dan perusahaan media sosiall  tersebut untuk melakukan kampanye cara menggunakan media sosial secara bijak serta memitigasi dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari kampanye tersebut