Manfaat Kopi Untuk kesehatan

Hidup Sehat – Manfaat kopi bagi kesehatan sangatlah besar dan hal ini masih banyak orang yang belum mengetahui bahwasannya didalam kopi memiliki nutrisi yang sangat bagus bagi tubuh asalkan dikonsumsi sesuai takaran yang tidak berlebihan. Semua orang pastinya sangat ingin memiliki kesehatan, dan salah satu caranya adalah dengan meminum kopi. Karena dengan kandungan berbagai nutrisi yang dimiliki kopi terbukti bisa mencegah berbagai macam penyakit. Apalagi kopi merupakan minuman yang enak dinikmati di berbagai suasana dengan harga yang tergolong murah. Apalagi dengan Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis kopi dan hampir disetiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, seperti kopi toraja, kopi lampung, kopi lasem, kopi aceh dan  masih sangat banyak jenis dari daerah lainnya.

Sebelum kita bahas manfaat kopi bagi kesehatan ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu nutrisi apa saja yang terdapat didalam kopi. Kandungan yang terdapat di dalam kopi diantaranya :

Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.

Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.

Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.

Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

AKG sendiri merupakan singkatan dari “Angka Kecukupan Gizi”. Angka di atas sesuai standar resmi yang telah dikeluarkan Pemerintah Indonesia berdasarkan peraturan Menkes RI Nomer 75 Tahun 2013 yang mana berisi tentang angka kecukupan gizi yang dianjurkan untuk masyarakat Indonesia. Nah yang menjadi pertanyaan utama apa sajakah manfaat kandungan gizi di atas bagi kesehatan kita?

1 Mencegah Kanker

Antioksidan yang terkandung didalam kopi dapat mengurangi resiko terjadinya kanker usus besar dan kanker liver. Manfaat kopi ini telah dibuktikan dengan hasil penelitan dari Jepang yang membuktikan bahwa wanita yang rutin meminum kopi 2 kali sehari mengalami penurunan resiko terjadinya kanker usus besar sebesar 25%.

2 Meningkatkan Stamina

Bukan rahasia umum lagi jika meminum kopi bisa mengurangi rasa ngantuk. Karena kandungan Zat Kafein yang tinggi didalam kopi dapat memperlambat kinerja sel Adenosolin yang menyebabkan rasa ingin tidur pada otak.

3 Mengurangi resiko terkenak penyakit Alzheimer dan Demensia

Untuk orang yang berusia 65 tahun ke atas sangat beresiko terkena penyakit Alzheimer. Salah satu cara mengatisipasinya bisa dengan meminum kopi secara rutin karena sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

4 Manfaat kopi Bisa Mengurangi Resiko Terkena Parkinson

Parkinson yang merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kemampuan saraf. Bahkan sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembukan penyakit Parkinson. Oleh karena itulah kita harus mencegah penyakit ini datang ke tubung kita. hal yang paling gampang adalah meminum kopi secara rutin dikarenakan kafein yang terkandung di dalam kopi bisa menguragi resiko terkena penyakit Parkinson.

5 Kopi Juga Bisa Mengurangi Resiko Terkena Stroke

Penyakit stroke dapat menyerang siapa saja, baik itu orang tua maupun anak muda. Untuk mengurangi resiko penyakit stroke bisa dengan cara meminum kopi secara rutin.

6 Mengurangi Rasa Depresi

Banyak pikiran dan beban pekerjaan yang menumpuk dapat membuat sebagian orang mengalai depresi. Apabila depresi dibiarkan berlarut-larut maka bisa menyebabkan gangguan kejiwaan. Untuk mengurangi rasa depresi bisa dengan cara meminum kopi secara rutin.

7 Sebagai Sumber Antioksidan

Ada banyak kandungan nutrisi pada kopi, seperti Kafein, Kromium, Magensium, dan Antioksidan. Semuanya sangat bermanfaat bagi tubuh, namun yang paling penting adalah kandungan antioksidan yang terdapat pada kopi sangat bermanfaat sebagai penangkal radiasi bebas agar terhindar dari penyakit degeneratif yang umumnya diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, sehingga menyebabkan perubahan secara bertahap pada sel-sel tubuh yang kemudian bisa merusak fungsi organ penting didalam tubuh.

8 Meningkatkan Daya ingat

Daya ingat seseorang dapat semakin menurun seiring bertambahnya usia. Penurunan daya ingat ini sebenarnya bisa dikurangi dengan rutin meminum kopi. Manfaat dari kopi yang satu ini sudah terbukti dengan berbagai penelitian yang membuktikan bahwa dengan rutin meminum kopi membuat pikiran bebas dari stress dan depresi, sehingga daya ingat akan selalu optimal.

Dibalik semua manfaat meminum kopi yang sangat banyak, tentu ada efek samping yang harus diwaspadai. Karena semua yang berlebihan dapat berefek buruk termasuk kopi yang diminum secara berlebihan. Kami menyarankan untuk mengkonsumsi kopi secara wajar, yaitu maksimal 2 gelas 1 hari agar manfaat kopi tetap maksimal. Dan bagi penderita penyakit tertentu ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter apabila ingin berencana meminum kopi secara rutin. Jangan sampai penyakit menjadi tambah parah karena nekat untuk meminum kopi.