Khasiat jamu tradisional untuk kesehatan

Hidup Sehat – Jamu yang merupakan ramuan herbal khas Indonesia yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Dan sudah turun temurun dari dulu jamu di percaya sebagai obat tradisional karena khasiatnya yang sangat bagus untuk tubuh dan kesehatan. Jamu sendiri memiliki rasa yang sangat identik dengan pahitnya. Rasa pahit inilah merupakan cirikas dari jamu yang bahan bakunya diambil dari tumbuhan dan rempah-rempah pilihan yang diracik menjadi satu yang sangat baik untuk kesehatan.

Di Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis jamu yangmana kasiat yang didapat berbeda beda jika kita konsumsi. Untuk mengetahui khasiat dari beberapa jamu tradisional akan kita bahas di bawah ini.

1 Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur pastinya terbut dari beras dan kecur serta dicampur dengan sejumlah bahan lainnya seperti biji kedawung, asam, rimpang jahe, jeruk nipis, garam, kayu keningar, gula putih, kunyit, biji kapulaga, serta gula merah.

Untuk manfaat dari jamu beras kencur ini diantaranya: untuk menabah nafsu makan, menghilangkan pegel linu dan meningkatkan stamina.

2 Jamu kunyit Asam

Jamu kunyit asam yang mana terbuat dari kunyit dan asam jawa serta ditambah dengan bahan lain seperti sinom, garam, gula putih, gula jawa, jeruk nipis, biji kedawung, dan juga tumulawak.

Untuk jamu yang satu ini biasanya sangat di senangi oleh perempuan karena fungsinya yang dinilai dapat membantu melangsingkan badan. Dan selain itu juga bisa untuk memperlancar peredaran darah, menjaga metabolisme tubuh dan membantu mengobati sariawan atau panas dalam.

3 Jamu Pahitan

Jamu pahitan ini terbuat dari bahan sambiloto yang di campur dengan bahan lainya seperti serai, lengkuas, lempuyang, daun meniran, widoro laut dan rempah-rempah lainya.

Seperti namanya jamu pahitan ini dianggap sebagai jamu yang paling pahit. Tapi, jangan salah meskipun memiliki rasa yang paling pahit namun jamu pahitan ini banyak manfaatnya mulai dari mengatasi pegal-pegal, menambah nafsu makan, mencegah resiko diabetes sampai sebagai terapi “cuci darah”. Penggemar jamu pahitan ini memang kebanyakan orang tua, namun ada juga anak muda yang beli karena katanya bisa membersihkan jerawat.

4 Jamu Temulawak

Jamu temulawak ini terbuat dari bahan temulawak, asam jawa, gula aren, daun pandan, kencur, serta jintan.

Jamu satu ini sangat bagus untuk anak-anak maupun orang dewasa karena jamu satu ini dapat membantu menghilangkan gejala masuk angin, pusing, mual dan membantu memperbaiki fungsi liver serta fungsi pencernaan lainnya.

5 Jamu Kunci Sirih

Bahan untuk membuat jamu ini diantaranya rimpang kunci, sirih, daun luntas, kunyit, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, asam jawa, serai, hingga buah delima.

Khasiatnya sendiri sangat baik untuk wanita karena dapat membantu menghilangkan masalah keputihan, menghilangkan bau badan, merapatkan bagian kewanitaan dan bisa memperkuat gigi.