Khasiat Dari Jamu Air Yang Manis Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Jambu air yang merupakan tanaman buah yang sering di tanam masyarakat di perkarangan rumah. Tanaman jambu air ini sendiri juga merupakan tanaman yang berasal dari wilayah asia tenggara. Maka dari itu sangatlah mudah sekali kita jumpai saat musim buahnya sedang berlangsung. Buah jambu air ini memiliki rasa manis dan asam yang sangat menyegarkan yang ditambah dengan kandungan airnya yang sangat melimpah. Namun tidak banyak yang tau untuk buah yang sangat mudah di jumpai ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Dikarenakan Jambu air kaya akan vitamin C, serat makanan, vitamin A, kalsium, thiamin, niacin, besi dan kalium. Senyawa organik di dalamnya mengandung jambosine, asam betulinic, dan lakton Friedel. Maka hal inilah yang mendatangkan beberapa manfaat jambu air bagi kesehatan seperti berikut:

1 Dapat Mengatasi Diare Dan Perut Kembung

Dengan kadar air yang mencapai 93% dan serat yang banyak buah jambu air ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan juga mengobati diare. Bahkan jambu air ini juga bisa membantu untuk mengatasi perut kembung.

2 Mengontrol Diabetes

Di dalam jambu air terdapat senyawa organic jambosine yang merupakan jenis alkalodin yang telah menunjukan hasil yang sangat menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula. Dan hal ini merupakan perkembangan yang sangat penting bagi penderita diabetes dan orang-orang yang beresiko mengembangkan diabetes. Dan penelitian tentang dampak jambosine pada control gula darah sedang diteliti lebih lanjut.

3 Sebagai Pencegah kanker

Didalam jambu air yang mana mengandung senyawa organik yang aktif yang memiliki vitamin C dan vitamin A te;ah di kenal sebagai pengobatan kanker dan pencegah yang sangat efektif. Dari penelitian awal dan dari pemgobatan tradisional mengklaim bahwa kanker prostat dan kanker payudara, berkurang dengan hanya menambahkan jambu air untuk diet.

4 Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Semua serat dan nutrisi yang ada pada jambu air dapat membersihkan pembulu darah dari tingginya kadar kolestrol jahat di dalam tubuh. Dan hal itu dapat mencegah terbentuknya plak di pembulu darah, dan itu akan membuat jantung sehat dengan mengurangi beban pada jantung dan mencegah serangan jantung, strok dan komplikasi kardiovaskular lainnya.

5 Meningkatkan Sistem Kekebalan

Komponen aktif dan stabil yang terkandung dalam buah jambu telah dikaitkan dengan efek antimikroba dan anti jamur. Dan didalam penelitian telah menunjukkan bahwa hal tersebut dapat melindungi kulit dari berbagai infeksi, yang mana dapat meningkatkan kekuatan system kekebalan tubuh terhadap penyakit karena infeksi.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi jambu air. Semoga penjelasan tentang manfaat jambu air ini dapat bermanfaat untuk anda.