Bahaya Yang Dapat Dihadapi Pecandu Minuman Alkohol

Hidup Sehat – Mengonsumsi minuman keras atau beralkohol memiliki resiko yang berbahaya apalagi jika dikonsumsi sering dan secara berlebihan. Inilah berbagai masalah kesehatan yang dapat muncul akibat konsumsi minuman beralkohal secara berlebihan.

Di Indonesia bagi orang dewasa yang sudah berumur 21 tahun memang diperbolehkan untuk mengonsumsi minuman yang beralkohol. Bahkan banyak jenis minuman yang beralkohol dengan kadar yang berbeda beda. Namun secara umum kandungan alkohol yang di minum tidak lebih dari sekitar 140 mililiter kadar alkohol murni perminggunya. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan minuman keras dapat membuat kehilangan kesadaran ataupun penurunan konsentrasi sehingga dapat meningkatkan resiko kecelakaan. Sedangkan jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama minuman beralkohol dapat mengakibatkan berbagai penyakit kronis bahkan kematian. Dibawah ini adalah penyakit yang dapat muncul akibat sering mabuk dalam jangka panjang:

1 kanker

Alkohol yang merupakan senyawa karsinogen yang dapat sangat mudah mempengaruhi bagian sekitar kepala dan leher.

Rutin terlibat dalam aktivitas pesta minuman (lebih dari empat kali dalam satu bulan) dapat meningkatkan risiko Anda mengembangkan beberapa tipe kanker, seperti kanker mulut dan tenggorokan, esofagus, hati, dan payudara. Menenggak minuman keras dalam jumlah yang banyak  secara rutin serta dibarengi dengan merokok telah dikaitkan dengan peningkatan kanker mulut dan tenggorokan hingga 80 persen pada pria dan 65 persen pada wanita.

2 Penyakit Hati

Alkohol yang merupakan racun bagi tubuh ketika dikonsumsi akan terserap ke dalam aliran darah yang mana akan terkumpul di hati dan akan dinetralkan agar dapat dibuang dari tubuh. Namun kemampuan hati dalam menetralkan sangat terbatas. Jika alkohol yang diminum lebih dari yang dapat diolah maka kadar alkohol dalam darah akan meningkat. Dan jika terus menerus terjadi organ hati akan mengalami gangguan mulai dari perlemahan hati hepatitis, sirosis, hingga kanker hati.

3 Jantung

Tingkat kadar alkohol dalam darah yang melebihi batas wajar dapat melemahkan otot-otot jantun, yang mana akan mempengaruhi paru, hati, otak, dan sistem organ dalam tubuh lainnya. Akibat lainnya dari sering mabuk adalah gangguan detak jantung, peningkatan tekanan darah dan denyut jantung, pembesaran jantung, serta meningkatnya risiko terkena stroke dan penyakit jantung.

4 Gangguan Pada Saraf Dan Otak

Terlalu banyak minum alkohol juga dapat menyebabkan gangguan pada otak. Menurut penelitian, sering mabuk dapat membuat otak menyusut atau mengecil. Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, semakin besar pula penyusutannya. Selain itu, terlalu banyak minum alkohol juga dapat menyebabkan kerusakan otak permanen, gangguan kejiwaan serius, seperti kecemasan, depresi, skizofrenia,menurunkan kemampuan berpikir dan melemahkan daya ingat, serta membuat refleks dan koordinasi gerakan tubuh terganggu.serta membangun sebuah ketergantungan terhadap alkohol atau menjadi seorang alkoholik.

Waspadai konsumsi minuman keras hingga mabuk. karena dapat mengakibatkan kecanduan alkohol dan sulit untuk menghentikannya, dan sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter apabila anda sudah mengalami kecanduan akan alkohol. karena Dokter dapat memberikan konseling dan pengobatan untuk membantu Anda lepas dari kecanduan alkohol serta dampak buruknya.