Tumbuhan Kumis Kucing Yang Bermanfaat

Hidup Sehat – Tanaman kumis kucing yang merupakan tanaman semak yang banyak ditemukan di daerah asia tenggara yang mana beriklim tropis ternyata memiliki begitu banyak manfaat. Menurut penelitian daun kumis kucing memniliki kandungan kadar kalium yang tinggi glikosida orthosiponin yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari dalam tubuh. Dan manfaat dari daun kumis kucing juga sudah terbukti dapat menyembuhkan infeksi kamdung kemih, membersihkan empedu dan ginjal, menyembuhkan rematik, menjaga tekanan darah, diabetes dan asam urat. Tak hanya itu, masih banyak khasiat kumis kucing lainnnya.

berikut ini beberapa manfaat dari daun kumis kucing yang banyak di ketahui orang:

1 Membantu Masalah Pernapasan

daun kumis kucing dapat sangat membantu untuk mengobati masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Dan agar lebih efektif biasanya daun kumis kucing ini akan dicapur dengan herbal lain yang bisa mengobati masalah pernapasan.

2 Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

kumis kucing juga dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dikarenakan kandungan bahan kimia yang ada didalamnya. Dipercaya bahwa tindakan anti oksidan dan anti inflamasi dari ramuan merupakan alasan untuk hal ini. Metilripariokromen yang terkandung di dalam ramuan kimia dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada tikus.

3 Mencegah Pertumbuhan Jamur

Kumis kucing dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan parasit (jamur) yang hidup dalam tubuh yang dikarenakan kandungan senyawa didalamnya. Mereka melakukan dengan memotong rantai nutrisi dari jamur. Oleh karena itu kumis kucing dapa diterapkan ke arena di mana infeksi jamur.

4 Bagus Untuk Detoks

Tumbuhan Kumis kucing telah dikonsumsi di daerah Pulau Jawa mulai dari dahulu begitu juga disebut sebagai Teh Jawa, alasan orang Jawa mengonsumsi ramuan kumis kucing ini adalah karena sifat pembersihannya. Manfaat daun kumis kucing bertindak sebagai pembersih alami dan karena itu menyapu tubuh kita dari racun yang tidak diinginkan dan bahan asing.

itulah beberapa manfaat dari tumbuhan kumis kucing dan untuk tumbuhan nya sendiri memiliki ciri ciri seperti :

1 Akar tanaman berakar tunggang dengan bentuk bulat, berkayu dan bercabang-cabang, bagian ujungnya kecil, panjang akar bisa mencapai 25 cm dan berwarna putih.

2 Batang membentuk persegi empat agak teratur, warna hijau keunguan, memiliki diameter sektar 1,5 cm, tumbuh bercabang, pada bagian ruas-ruas batang bagian bawah keluar akar.

3 Daun berwarna hijau dengan bentuk bulat telur, lonjong dengan panjang kurang dari 10 cm dan lebar antara 3-5 cm. Tangkai daun bulat dengan warna ungu hijau, daun umumnya tumbuh berhadapan dan selang-seling, tulang daun bercabang-cabang.

4 Bunga tumbuhan kumis kucing terbagi menjadi dua yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk. Bunga tunggal, bagian atas ditutupi rambut pendek berwarna putih keunguan, setiap ujung heli bunga berbentuk bundar dan tumpul, bagian benang sari pada bunga keluar nampak seperti kumis kucing. Sedangkan bunga majemuk muncul dari bagian ujung percabangan dengan panjang sekitar 7-29 cm, berwarna putih. Bagian ini ditutupi oleh rambut dengan panjang sekitar 1-6 mm, kelopak bunga berurat, bagian pangkalnya memiliki rambut pendek dan jarang, bagian atasnya gundul.

5 Biji kumis kucing memiliki warna putih kehitaman ketika masih muda dan berubah menjadi cokelat kehitaman apabila sudah tua. Biji berbentuk bulat lonjong dengan ukuran kurang lebih 1 mm.