Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur. Apa Manfaatnya?

Hidup Sehat – Langsung minum air putih sangat bagus dilakukan setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktifitas lain merupakan usaha menjaga kesehatan yang bermanfaat  serta mudah dan murah yang dapat dilakukan.

Jumlah air putih yang sebaiknya diminum adalah 500mililiter dalam sekali minum. Apabila tidak sanggup untuk langsung menenggak habis  0.5 liter dalam sekali minum maka anda tidak perlu memaksakan diri atau mengurungkan niat minum dengan tidak jadi minum.

Mengonsumsi  air secara rutin dapat meminimalkan air yang diminum setiap kalinya. Jumlah air yang harus dikonsumsi setiap harinya harus dipastikan mencapai 2liter yang setara  7-8 gelas per hari sesuai dengan standard asupan air setiap harinya.

Manfaat langsung minum air putih setelah bangun tidur adalah sebagai berikut :

  1. Mencukupi kebutuhan tubuh

Pada saat tidur di malam hari, seluruh persediaan air sudah digunakan tubuh.  Hal tersebut mengakibatkan tubuh rentan beresiko kekurangan cairan, hal ini dapat diperburuk apabila di tengah malam tidak terbangun untuk minum. Maka saat bangun tidur segeralah minum guna mengembalikan persediaan air (rehidrasi) dan memastikan kebutuhan air tercukupi.

  1. Meningkatkan efektivitas sikat gigi

Pada malam hari, bakteri dan organisme lain yang dapat mengakibatkan infeksi gigi akan semakin memperbanyak diri. Kumur dan minum air putih dapat membantu membersihkan sebagian organisme dari rongga mulut. Hal ini tentunya dapat meningkatkan efektifitas sikat gigi dalam menjaga kebersihan.

  1. Memperbaiki daya tahan

Kebiasaan minum air putih dapat bermanfaat memperbaiki daya tahan tubuh.  Daya tahan tubuh dengan sistem imun yang lebih baik dapat membantu tubuh  untuk tidak mudah masuk angin, batuk, flu bahkan banyak penyakit infeksi lainnya terutama saat pergantian musim

  1. Mengatur kadar gula darah

Mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu tubuh dalam mengendalikan diri terhadap konsumsi asupan yang beresiko. Salah satunya yang mengandung gula tinggi karena beresiko  fluktuasi kadar gula dalam tubuh serta intoleransi insulin.

  1. Mengendalikan rasa lapar

Cara mengendalikan rasa lapar terbaik adalah dengan memastikan mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.dengan dapat mengendalikan rasa lapar memudahkan tubuh untuk memilih asupan yang lebih bernutrisi serta mencegah timbulnya gangguan pencernaan dan meminimalisirkan resiko penyakit  hipertensi.

  1. Memperbaiki penampilan

Mengonsumsi air minum ternyata juga memberikan dampak yang baik pada penampilan pria maupun wanita. Konsumsi air yang cukup juga dapat menjaga kelembaban rambut, kulit wajah, serta tubuh. Rambut serta kulit akan terlihat lebih bercahaya, tidak kusam dan lembut.