Fungsi Tertawa Yang Baik Bagi Kesehatan

 

Hidup Sehat – Tertawa yang merupakan sebuah ekspresi dari kegembiraan yang pastinya setiap orang pernah alami. Namun tidak banyak yang tau ternyata tertawa selain dapat membuat orang lebih awet muda, tertawa juga merupakan salah satu obat terbaik untuk semuanya, baik itu secara fisik maupun mental. Nah berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari tertawa yang tidak anda sadari.

 

1 Tertawa Dapat Menjaga Tubuh Dari Serangan Penyakit Dan  Sistem Imun

Ketika anda tertawa suasana hati anda akan bahagia dan hal itu dapat menurunkan hormon stres, meningkatkan sirkulasi darah dan konsumsi oksigen. Dan saat ketawa akan ada banyak respon tubuh yang akan terjadi yang mana salah satunya akan membuat sistem kekebalan tubuh anda meningkat.

Dengan suasana hati yang bahagia hal tersebut akan melepaskan energi negatif dan memperkuat sistem imun dalam tubuh. Dan tertawa bisa merangsang produksi sel darah putih yang berfungsi sebagai pasukan utama tubuh dalam melawan penyakit. Sel darah darah putih ini akan menjadi penghalang dari bakteri dan kuman penyakit yang ingin masuk dan menginfeksi tubuh.

2 Jantung Menjadi Lebih Sehat

Dimana saat anda tertawa secara alamih tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang mana biasanya disebut dengan hormon bahagia.dan hormon ini akan memengaruhi aliran darah ketika dihasilkan oleh tubuh.

Dan menurut penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa tertawa saat anda tertawa aliran darah anda akan lebih lancar. Dengan lancarnya aliran darah yang mana karena pembulu darah melebar. Bahkan faktanya penelitian juga membuktikan bahwa manfaat yang di dapat jantung dari tertawa sama dengan yang kita dapatkan dari melakukan olahraga aerobik.

 

3 Tertawa Dapat Melepaskan Ketegangan Otot Dan Bikin Anda Lupa Dengan Stres

Yang mana kita ketahui tertawa memiliki keterkaitan langsung dengan peregangan otot pada tubuh. Yang menariknya efek relaksasi yang anda rasakan bukan hanya pada otot wajah saja melainkan keseluruh tubuh. Dan tertawa juga dapat membantu anda lupsa sejenak dengan stres yang anda alami saat tertekan .

Karena dimana sudah kita bahas di atas tertawa dapat melepaskan hormon yang membuat anda menjadi lebih senang maka dari itu jika anda ingin menghilangkan ketegangan baik secara fisik dan mental tertawa merupakan solusi yang tepat. Dan dengan begitu anda juga dapat terlupakan dengan stres, tekanan, dan rasa depresi yang anda alami. Semua dikarenakan hormon bahagis yagn diproduksi tubuh yang mana akan muncul rasa tenang dan damai yang dapat mengurangi rasa stres anda.

4 Tertawa Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Dengan tertawa diyakini dapat membuat kinerja dari otak kita menjadi lebih optimal. Karena dengan tertawa dapat mengurangi hormone kortisol atau hormone penyebab stress pada tubuh maka hasilnya daya ingat anda akan menjadi lebih kuat.

Saat anda tertawa hormone endorfit dan dopamine pada tubuh akan meningkat sehingga otak akan merasakan kenayamanan. Tak hanya itu tertawa akan membuat tubuh anda mengalami relaksasi seperti sedang melakukan meditasi.

 

Meski manfaat dari tertawa bagi kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya bagi kita untuk menghiasi hari-hari dengan tawa. Waktu kita menghadapi sebuah masalah, cobalah untuk memandangnya dari sisi lain dan tertawakanlah saat sebuah kebodohan yang mungkin telah Anda perbuat, agar Anda dapat merasa lebih baik.