Kenali 11 Tanaman Pengusir Nyamuk Alami yang Ampuh

Hidup Sehat – Salah satu serangga yang menjadi musuh serta paling dibenci manusia adalah Nyamuk. Setiap gigitan nyamuk dapat memberikan rasa sakit dan rasa gatal serta dapat menyebabkan terjangkit berbagai penyakit misalnya malaria dan demam berdarah.

Di pasaran banyak dijual produk obat berbahan kimia yang dapat digunakan untuk membasmi atau mengusir nyamuk. Namun penggunaan obat berbahan kimia tersebut dapat berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia.

Tanpa disadari ternyata banyak alternatif yang ampuh untuk mengusir nyamuk hanya dengan menggunakan tanaman alami yang dapat berfungsi sebagai pengusit nyamuk. Berikut  kenali 11 tanaman alami yang ampuh dapat mengusir nyamuk di rumah :

  1. Germanium

Meskipun tidak semua jenis germanium dapat mengusir nyamuk dengan ampuh, namun jenis germaium yang paling ampuh dan sering digunakan adalah Citronella Germanium (Pelargonium Citrosum) karena dapat menghasilkan minyak citronella yang dapat mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

  1. Serai

Serai dapat menghasilkan ekstrak dan minyak esensial yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Dipasaran tentunya juga sudah sering kita jumpai produk seperti lilin aromatherapy maupun lotion anti nyamuk yang mengandung ekstak serai sebagai bahan utamanya.

  1. Peppermint

Peppermint seperti yang kita ketahui, daunnya sering dimanfaatkan sebagai perasa misalnya untuk the ataupun permen bahkan banyak makanan dan minuman lain yang dapat diolah menggunakan daun peppermint. Ketahuilah, Peppermint  juga mengandung minyak yang ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk yang ada di rumah.

  1. Lemon Balm

Lemon Balm juga merupakan tanaman alami yang dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk yang mengandung aroma lemon yang kuat. Namun yang perlu diperhatikan saat menanam lemon balm di halaman rumah sebagai tanaman pengusir nyamuk harus lebih hati-hati, karena untuk spesies tanaman ini cukup invasif.

  1. Lavender

Lavender dapat digunakan sebagai tanaman alami untuk mengusir nyamuk karena memiliki aroma yang sangat wangi untuk penciuman manusia namun aroma wanginya sangat dibenci dan mengganggu bagi nyamuk. Lavender memiliki banyak jenis, namun yang ampuh untuk mengusir nyamuk adalah lavandin karena memiliki kandungan camphor yang sangat tinggi. Bahkan lavender bukan hanya ampuh mengusir nyamuk saja namun ampuh juga untuk mengusir lalat, rayap dan serangga lainnya.

  1. Rosemary

Rosemary biasanya banyak digunakan untuk membumbui masakan. Ternyata tanaman Rosemary juga merupakan salah satu tanaman alami yang berguna untuk mengusir serangga yang ada di rumah terutama nyamuk. Cara untuk mengusir nyamuk menggunakan rosemary adalah dengan dibakar karena aromanya yang wangi sangat ampuh sebagai pengusir nyamuk alami.

  1. Catnip

Nepeta Cataria atau Catnip mengandung zat nepetalactone yang sering digunakan untuk merangsang kucing agar menjadi lebih aktif. Catnip ini sangat dicintai kucing, namun tanaman ini justru sangat tidak disukai oleh nyamuk. Catnip sendiri masih memiliki hubungan dengan kerabat dengan mint.

  1. Basil

Menurut penelitian, basil mengandung minyak essensial yang dapat beracun bagi larva nyamuk. Sehingga dipercaya dengan menaruh satu baskom berisi basil di dapur bisa bermanfaat untuk memasuk serta ampuh untuk mengusir nyamuk.

  1. Sage

Mungkin saat mengadakan pesta barbeque yang dilakukan di luar rumah, kerap sekali diganggu dengan adanya nyamuk. Namun untuk mengatasi agar bisa melakukan pesta barbeque dengan segala aktivitas bakar-bakar hingga menyantap makannya dengan tenang, hal yang perlu dilakukan adalah dengan mencoba meletakkan sedikit sage pada api guna untuk mengusir nyamuk.

  1. Marigold

Marigold adalah bunga cantik yang yang memiliki warna yang cerah dan mengandung pyrethrum. Pyrethrum  sendiri merupakan bahan yang sering ditemukan di beberapa obat pengusir nyamuk karena khasiatnya yang bisa mengusir nyamuk.

  1. Bawang Putih

Tanaman alami lainnya yang ampuh sebagai pengusir nyamuk adalah bawang putih. Sebagai bumbu masak utama di dapur, bau bawang putih yang menusuk sangat tidak disukai oleh nyamuk. Caranya dengan memeras bawang putih agar mengeluarkan cairan dan oleskan cairan tersebut di kulit untuk mengusir nyamuk.