Kebaikan Minum Teh Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Teh  yang merupakan minuman yang sangat akrab dengan keseharian masyarakat indonesia. Teh dapat menjadi teman mengobrol, teman makan, atau bahkan sekedar teman bersantai di pagi atau sore hari.  Dan tanpa di sadari mungkin hampir setiap hari kita meminum teh dalam bentuk yang berbeda. Teh tidak hanya memiliki rasa dan aroma yang sangat khas, tapi ternyata tersimpan juga berbagai kebaikan untuk tubuh.

Sebelum membahas kebaikan teh untuk kesehatan, anda lebih baik mengetahui terlebih  dulu apa saja kandungan yang ada dalam teh. untuk Teh yang paling sering kita nikmati berasal dari tanaman teh atau Camellia sinensis. Teh yang asalnya dari tanaman ini antara lain adalah teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Bentuk dan kepekatan warna teh ini memiliki tingkat yang berbeda-beda karena tingkat oksidadinya yang berbeda. Teh sendiri memiliki kandungan utama polifenol (katekin), kafein, asam amino, dan juga asam lemak omega-3 dan omega-6. Didalam Teh juga terkandung folat dan beberapa mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan fluoride. Setiap jenis teh yang berasal dari Camellia sinensis memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda.

Kebaikan Teh Untuk Kesehatan Tubuh

Kebaikan teh yang kita tahu adalah jika kita meminum teh di pagi hari dapat memberikan semangat mengawali aktifitas. Dan minum teh pada sore hari dapat membuat waktu santai lebih menyenangkan. Ternyata masih banyak kebaikan yang bisa kita dapatkan dari meminum teh berikut ini bebrapa kebaikan yang bisa anda dapatkan dari meminum teh yang perlu anda ketahui.

1 Meningkatkan konsentrasi.

Teh yang memiliki kandungan kafein yang mana fungsinya untuk merangsang sistem saraf pusat dan melancarkan peradaran darah ke otak. Nah ini lah yang membuat kafein dapat membuat kita lebih melek. Dan untuk kandungan kafein teh sendiri lebih rendah dibandingakn dengan kopi dan justru membuat lebih pas untuk dikonsumsi.

2 Menjaga Fungsi Kognitif Otak

kandungan teh untuk otak ternyata bukan hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dan dapat melindungi otak dan menurunkan resiko penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson yang merupakan penyakit neurodegeneratif.

3 Menurunkan resiko Diabetes

kebaikan dari meminum teh lainnya adalah dapat menurunkan resiko diabetes. karena menurut sebuah penelitian membuktikan bahwa teh seperti teh hijau dan teh hitam memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. itu disebabkan Teh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga diabetes pun dapat dicegah.

4 Menurunkan Tekanan Darah

Selain dapat menurunkan kadar gula darah, ternyata teh juga mampu untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah. Berdasarkan sebuah penelitian, dengan konsumsi teh hitam rutin dapat menurunkan tekanan dara sistolik dan diastolik. Selain minum teh, perubahan dalam pola hidup yang lebih sehat juga wajib diterapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.