Coklat Hitam Dengan Khasiat Kesehatannya

Hidup Sehat – Coklat hitam atau biasa dikenal dengan sebutan dark chocolate sebenarnya memiliki khasiat menurunkan tekanan darah dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.Bahkan khasiat cokelat sebagai makanan juga mampu memberikan perasaan nyaman, meringankan stres, menaikan mood dan sebagai afrodisiak telah banyak diketahui.

Namun, meski memiliki khasiat positif, apakah hanya dengan mengonsumsi cokelat sudah pasti menyehatkan? Beberapa penelitian medis telah membuktikan bahwa cokelat yang baik yaitu cokelat hitam memang sangat baik untuk tubuh. Cokelat hitam yang dimaksud adalah cokelat dengan persentase kandungan kokoa 70 persen atau lebih. bahkan pada riset yang masih dilanjutkan hingga kini, para peneliti juga menemukan bahwa cokelat baik untuk jantung, sirkulasi darah dan otak, dan telah dianggap dapat membantu melawan pengidap autisme, obesitas dan juga diabetes.Bahkan, dalam penelitian terbaru, sebuah riset menemukan mengkonsumsi cokelat dapat mengurangi penurunan kemampuan dan fungsi otak karena usia.Dan sebaiknya konsumsilah coklat hitam tanpa campuran susu, agar khasiatnya bisa didapat secara maksimal. Berikut ini penjelasan tentang khasiat dari coklat:

1 Menurunkan Kolesterol

Bubuk kakao merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan flavonoid sebagai bagian dari senyawa polifenol. Keduanya merupakan antioksidan alami. Antioksidan adalah zat yang bertugas untuk menangkal efek dari radikal bebas yang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh. Senyawa polifenol ini banyak dikaitkan dengan beragam manfaat dalam kesehatan. Mulai dari mengurangi peradangan, memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

2 Baik Untuk Jantung Dan Sirkulasi Darah.

dikarena adanya kandungan flavonoidnya yang tinggi, maka bubuk kakao dipercaya dapat memperkecil peluang Anda mengalami serangan jantung dan stroke. Pasalnya kandungan flavonoid akan berperan dalam meningkatkan oksida nitrat di dalam darah yang akan melebarkan arteri dan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga aliran darah meningkat. menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Cardiac Society pada hampir 158.000 orang menemukan fakta bahwa banyak makan cokelat nyatanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Ini karena kakao diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada dalam tubuh.

3 Coklat Baik Untuk Otak.

bubuk kakao ini ternyata mempunyai manfaat lain yang tak kalah unik, yaitu untuk menunjang berbagai fungsi otak. Ini semua karena kandungan senyawa polifenol yang ada dalam bubuk kakao bisa menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif dengan cara memperbaiki fungsi otak dan aliran darah dalam tubuh. Senyawa polifenol yang mengalir bersama darah menuju ke otak. Proses ini juga melibatkan kerja biokimia sebagai penghasil neuron dan molekul penting guna menunjang fungsi otak. Selain itu polifenol yang terkandung dalam coklat juga dapat memengaruhi produksi nitrit oksida, yang akan melemaskan otot-otot pembuluh darah dan dapat meningkatkan suplai darah untuk otak.

4 Mencegah Diabetes.

Meski mengkonsumsi coklat secara berlebihan tidak disarankan untuk orang yang memiliki riwayat diabetes, nyatanya kakao memiliki manfaat yang cukup menjanjikan. Karena kandungan flavanol sebagai antioksidan di dalam biji coklat murni ini ternyata bisa membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat di dalam usus.Selain itu, biji coklat murni ini ternyata juga mampu meningkatkan sekresi insulin, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kendali gula darah di dalam tubuh. Namun, memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat biji cokelat ini pada pengidap diabetes.

5 Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan.

Dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Molecular Nutrition & Food Research menemukan fakta bahwa kakao bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Biji coklat ini bisa membantu mengatur energi di dalam tubuh dengan mengurangi nafsu makan, mengurangi peradangan, meningkatkan pembakaran lemak tubuh, dan meningkatkan perasaan kenyang. Selain itu, penelitian lain juga menemukan fakta bahwa orang yang lebih sering makan cokelat memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan yang tidak. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa kelompok yang makan cokelat lebih banyak mengalami penurunan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua cokelat bisa memberikan efek ini. Cokelat yang sudah banyak mengandung gula dan susu tentu saja tidak termasuk ke dalam golongan makanan sehat yang bisa membantu membuat berat badan turun.

6 Melindungi Tubuh Dari Kanker

Kandungan flavanol yang terdapat dalam kakao dipercaya mampu melindungi tubuh dari penyakit kanker. Karena dari penelitian yang terdapat dalam Food and Chemical Toxicology menemukan bahwa dalam biji coklat memiliki efek antioksidan. Artinya, senyawa ini mampu melindungi sel terhadap kerusakan molekul reaktif, melawan peradangan, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan membantu mencegah penyebarannya.Penelitian lain yang dilakukan pada manusia juga menemukan fakta bahwa senyawa di dalam ekstrak kakao mampu mengurangi resiko kanker payudara, pankreas, prostat, hati, usus besar, dan leukimia (kanker darah). Meski sudah ada penelitian yang dibuktikan pada manusia, tetap perlu penelitian lainnya untuk memperkuatnya hal tersebut.