Efek Kesehatan Yang Bisa Di Dapat Dari Daun Pepaya

Hidup Sehat – Di Indonesia daun pepaya dapat di temukan dengan sangat mudah di berbagai hidangan seperti pecel maupun hanya sebagai lalapan semata yang mana dengan ciri has rasa pahitnya. Namun dibalik itu apakah anda tahu manfaat yang ada pada daun pepaya tersebut.

Yang mana kita tahu buah pepaya kaya akan enzim bernama papain dan chymopapain begitu juga daun pepaya kaya akan dengan enzim bernama papain dan chymopapain daun pepaya juga mengandung alkaloid kuat (seperti karpain) yang diklaim ampuh mengatasi ketombe dan kebotakan. Bahkan di dalam daun pepaya juga terdapat vitamin A, B, C, E, K, serta mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, magnesium, sodium magnesium, dan zat besi. Dengan begitu banyak vitamin yang terdapat didalam daun pepaya berikut ini manfaat yang didapat bagi kesehatan jika kita mengkonsumsi daun pepaya.

1 Meredakan gejala demam berdarah

Bila Anda mengalami gejala umum seperti demam, munculnya ruam pada kulit, nyeri sendi, otot, bahkan sakit kepala, maka kemungkinan besar Anda terserang demam berdarah. Gejala berbahaya lain yang dapat disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes ini biasanya meliputi turunnya jumlah trombosit dalam darah hingga pendarahan. Maka dari itu demam berdarah merupakan salah satu dari sekian penyakit yang mematikan. Namun untungnya, gangguan medis tersebut dapat diredakan dengan manfaatkan efek dari daun pepaya yang kaya akan enzim chymopapain dan papain, dimana keduanya mampu menormalkan kadar trombosit dan mencegah kerusakan liver akibat demam berdarah. Selain itu daun pepaya juga dapat membantu pemulihan kondisi seseorang dari penyakit berbahaya tersebut.

2  Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Daun pepaya merupakan hal yang baik bagi mereka yang cemas dengan gangguan diabetes. Karena manfaat daun pepaya tak hanya mampu mengurangi terjadinya stres oksidatif, namun juga merangsang kinerja insulin dan meregulasi kadar gula dalam darah sehingga diabetes dapat menjauh. Selain itu, daun pepaya juga bisa meminimalisir terjadinya komplikasi yaitu salah satunya adalah kerusakan ginjal.

3 Mencegah Dan Mengobati Malaria

Rasa daun pepaya yang pahit dan mengadung begitu banyak vitamin sangat efektif untuk menyingkirkan malaria dari dalam tubuh seseorang. Jadi Anda disarankan untuk minum jus daun pepaya bila sampai terserang penyakit ini. Dan anda dapat merasakan manfaatnya setelah meminum jus ini selama 5 hari berturut.

4 Mengandung Zat Anti Kanker

Meskipun daun pepaya rasanya pahit, tetapi memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Mengapa sangat luar biasa? Ya, daun pepaya ini, memiliki sifat penangkal radikal bebas atau kandungan sifat anti-kankernya yang diperantarai oleh kandungan komponen bernama acetogenin yang ampuh menangkal kanker. Studi penelitian dalam Journal Ethnopharmacology menyatakan, bahwa jus daun buah pepaya dapat melawan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit kronis. Contoh zat kanker yang dapat dicegah seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker pankreas, kanker hati, dan kanker paru-paru. Manfaat lainnya, juga dapat membuang racun dalam tubuh yang bisa menjadi cikal bakal kanker.