Kerap Dilakukan Ternyata Kesalahan ini Fatal saat Membersihkan Wajah

Hidup Sehat – Ritual sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari yang jarang terlewatkan adalah membersihkan wajah. Namun, cara yang kerap dilakukan saat membersihkan wajah ternyata masih salah dan bisa berdampak buruk bagi kondisi kesehatan kulit wajah. Membersihkan wajah dengan mencuci wajah hingga kulit terasa kesat ternyata merupakan kesalahan yang sering sekali terjadi.

Membersihkan wajah dengan mencucinya hingga kulit terasa kesat sebenarnya merupakan kebiasaan yang kurang baik. Karena mencuci wajah hingga kulit terasa kesat berarti petanda bahwa bukan hanya membersihkan wajah dari make up, kotoran dan debu saja melainkan dapat menghilangkan lipid barrier yang merupakan lapisan terluar kulit.

Dokter kulit dari Rumah Sakit Umum Yarsi jakarta, dr. Anesia Tania, Sp.KK menjelaskan “Fungsi lipid barrier adalah melumas serta melindungi kulit dari faktor eksternal seperti debu, kotoran, bakteri dan lain sebagainya. Jadi apabila lipid barrier ini terkikis tentu akan menyebabkan kulit menjadi kering serta gampang terjadi iritasi.”