Penyakit Kuning yang Kini Diderita oleh Anak Artis Kartika Putri. Apakah dapat Dicegah?

Hidup Sehat – Baru beberapa saat yang lalu kebahagiaan atas kelahiran sang buah hati antara Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya tengah dirasakan. Kini kesedihan sudah menyelimuti Kartika Putri dan suami, dimana anak mereka yang baru lahir harus dirawat di Rumah Sakit karena penyakit kuning yang disebabkan kadar bilirubin mencapai angka 17.

Habib Usman menjelaskan “ dari kemarin menguning, terakhir kami bawa ke rumah sakit, kami periksa ke dokter, langsung periksa darah.”

Penyakit kuning sendiri memang sangat banyak dialami oleh bayi yang baru lahir bahkan hampir sekitar 50-70 persen dari semua bayi yang baru lahir. Penyakit kuning itu muncul disebabkan karena jumlah sel darah merah yang pecah terlalu banyak dan hati tidak dapat memprosesnya.

Pada anak yang baru lahir kadar bilirubin sangat mudah meningkat sehingga untuk mencegahnya tidak memiliki cara yang jelas dan pasti. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan kepada bayi yang baru lahir agar penyakit kuning tidak semakin parah.

  • Memberikan asupan ASI segera mungkin setelah bayi lahir. Menurut studi menyatakan bahwa dengan menyusui memiliki resiko lebih kecil anak mengalami penyakit kuning
  • Memastikan bayi mendapatkan nutrisi ASI yang cukup. Agar bayi terhindar dari dehidrasi biasanya ASI akan diberikan 8 hingga 12 kali dalam sehari
  • Memantau gejala-gejala penyakit kuning setidaknya 5-7 hari pertama sejak bayi dilahirkan. Beberapa gejalanya seperti kulit dan mata menguning, demam tinggi hingga lebih dari 38 derajat Celcius, bayi terlihat lemas serta kurangnya keinginan bayi untuk menyusu.