Penyebab Timbulnya Panu Dan Cara Mengatasinya

Hidup Sehat – salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang biasa kita sebut panu atau dalam bahasa medis penyakit kulit ini biasa disebut dengan istilah Tinea versicolor atau pityriasis versicolor. Penyakit ini biasa ditandai dengan munculnya bercak-bercak kecil pada beberapa area kulit. Bercak-bercak tersebut bisanya memiliki warna lebih terang dari pada warna kulit penderita. Pada beberapa penderita, bercak-bercak ini bisa memiliki warnah merah muda atau merah.

Panu sendiri bisa saja menyerang setiap orang kapan saja. Penyakit ini merupakan  salah satu penyakit kulit yang paling umum di daerah tropis dan subtropis. Penyakit kulit ini disebabkan oleh jamur yang sebenarnya  secara alami memang hidup pada kulit. Namun dikarenakan beberapa faktor pemicu, jamur tumbuh di luar kendali sehingga menyebabkan penyakit kulit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari sih penderita.

Penyebab timbulnya panu sendiri ada beberapa penyebab diantaranya berusia remaja, produksi ketingat berlebihan,mengalami perubahan hormon,tingkat kekebalan tubuh yang lemah. Panu sendiri biasanya timbul di area kulit yang sering keringatan seperti pada area wajah, leher, dada, ketiak, lengan, punggung, perut lipatan paha,panu memang bukan penyakit yang berbahaya, hanya saja jika jamur timbul pada area terbuka tentu akan menganggu penampilan dan panu sendiri juga mengganggu kenyamananmu dikarenakan adanya rasa gatal yang terus –menerus.  Untuk mengatasinya atau menghilangkan panu secara cepat anda bisa menggunakan cara alami. Selain itu anda juga bisa membeli dan memakai obat-obat anti jamur yang bebas di toko obat atau apotek tanpa perlu mengunakan resep dokter. Untuk cara secara alami nya sendiri anda dapat mencoba menggunakan bahan-bahan sebagai berikut.

1 Lengkuas Dan Garam

Ternyata lengkuas selain berguna untuk bumbu penyedap makanan ternyata lengkuas sendiri juga mempunyai banyak kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh. diantaranya : flavonoid, zat besi, vitamin A, vitamin C, sodium , fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih banyak lagi. Bahkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Korea menemukan bahwa semua senyawa yang terkandung dalam lengkuas dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida.  Lengkuas juga bisa anda gunakan sebagai  penghilangkan panu di tangan secara  alami.

Untuk cara mengunakan lengkuas dan garam sebagai obat panu sindiri sebagai berikut:

Ambilah 1 lengkuas untuk dibelah dan gunakan segi dari belahan lengkuas itu untuk digosokan pada panu anda, dan jika mengiginkan hasil lebih maksimal kita bisa menaburkan sedikit garam dibagian luar belahan lengkuas tadi. setelah itu Gosok kulit yang terserang panu sampai kulit agak memerah dan terasa pedih. Lakukan hal itu 3 kali dalam 1 hari saja maka panu akan menghilang dengan cepat.

2  Mengunakan Belerang Dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang memiliki kandungan senyawa Flavonoid yang merupakan antioksidan yang kuat. Anti-oksidan berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Dan juga kandungan asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal. Vitamin C yang merupakan senyawa lain yang sangat ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis. Dan mineral yang terkandung pada belerang dapat membunuh kuman serta jamur yang membandel terutama panu.

Cara menghilangkan panu dengan jeruk nipis dan belerang:

Tumbuk halus belerang sekedarnya dan campur dengan perasan air jeruk nipis setelah itu aduk rata dan berikanlah pada panu. Lakukan cara barusan 2-3 kali sehari lewat cara teratur. Jadi panu akan menghilang dengan cepat.