Efek Buruk Yang Dapat Timbul Jika Makan Sebelum Tidur Di Malam Hari

Hidup Sehat – Makan merupakan suatu hal yang penting untuk memenuhi nutrisi tubuh kita. Dikarenakan lewat makanan energi yang hilang setelah seharian melakukan aktivitas semua dapat tergantikan dengan berbagai asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang anda makan. Yang mana kita ketahui selama ini bahwa tubuh manusia sangat membutuhkan asupan gizi yang mendapatkan metabolisme yang baik.

Namun jika kita makan di malam hari sebelum tidur itu dapat menyebabkan efek yang buruh untuk kesehatan tubuh kita sendiri. Diantaranya ada beberapa efek samping yang membuat makan malam sebelum tidur menjadi sesuatu yang buruk diantaranya sebagai berikut:

1 Terganggunya Kualitas Tidur

cemilan berlemak ataupun makanan berat yang anda konsumsi sebelum tidur dapat menyebabkan rasa yang  tidak enak pada perut dan menyulitkan pencernaan. Akibatnya tidur anda bisa terganggu yang mana mebuatmu dapat terbagun beberapa kali. Dan biasa nya jika makan yang banyak sebelum tidur pastinya anda juga akan meminum banyak cairan yang akan membuatmu bolah balik terbagun untuk kencing ke toilet maka agar tidak menganggu tidur hindarilah makan makan atau cemilan yang banyak dan minumlah air dua jam sebelum waktunya anda tidur.

2 Memiliki Keluhan Penyakit Mag

Jika kamu makanan sebelum tidur, kamu bisa mengalami mulas atau heartburn, atau refluks asam. Hal ini biasanya akan terjadi ketika asam lambung naik ke tenggorokan karena  perut yang terlalu kenyang kita bawa untuk berbaring. Gejala GERD sendiri termasuk mulas, kesulitan menelan, benjolan di tenggorokan atau asma yang memburuk di malam hari. Maka jika Anda memiliki gejala-gejala ini, sebaiknya hindari makan cemilan ataupun makanan berat minimal 3 jam sebelum tidur. Selain itu, Anda harus menghindari minum atau makan apa pun yang mengandung kafein, alkohol, teh, cokelat, atau rempah-rempah sebelum tidur. Sebab, semua kandungan tersebut bisa memperburuk gejala.

3 Gula Darah Tinggi (Diabetes)

Mengonsumsi makanan terlalu banyak di malam hari apalagi makanan yang banyak mengadung karbohidrat tak hanya membuatmu menambah kalori untuk hari itu, akan tetapi juga menyebabkan naiknya gula darah di pagi harinya. Pengaruh yang paling dikhawatirkan selain beberapa pengaruh diatas adalah timbulnya penyakit diabetes. Diabetes sendiri merupakan penyakit lanjutan dari adanya penumpukan lemak didalam tubuh. Apabila anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi banyak makanan atau cemilan sebelum tiur maka resiko terhadap penyakit ini akan menjadi lebih besar. Untuk itu disarankan sebaiknya segera hentikan kebiasaan menyantap aneka ragam makanan sebelum anda pergi tidur sebab hal ini akan sangat berbahaya dampaknya.