Ketahui Kebiasaan Jorok yang Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Hidup Sehat – Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang kerap bahkan sering kali dilakukan. Kebiasaan tersebut bisa jadi kebiasaan baik maupun kebiasaan buruk. Menurut penelitian terbaru  bahwa suatu perilaku baru dianggap sebagai suatu kebiasaan apabila perilaku tersebut sudah melewati 66 hari.

Kebiasaan buruk banyak dan sering kali dikaitkan dengan kebiasaan seperti kentut ataupun gigit jari. Ketahuilah ternyata beberapa kebiasaan jorok bisa memberikan manfaat lho bagi kesehatan, berikut beberapa kebiasaan tersebut diantaranya adalah :

  1. Kentut

Pasti banyak yang setuju apabila kentut dianggap sebagai sesuatu hal yang memalukan. Bahkan, banyak yang kerap menahan kentut apabila itu terjadi di tempat umum. Namun yang harus anda ketahui bahwa seharusnya tubuh kita harus mengeluarkan gas tersebut setidaknya 14 kali dalam sehari dan pada malam hari sekitar 3 sampai 5 kali? Kentut adalah hal yang normal karena merupakan gas karbondioksida dan metana yang dihasilkan sistem pencernaan saat mencerna makanan. Melalui kentut gas tersebut akan dikeluarkan. Justru menaha kentut dapat memicu sakit perut dan kembung.

  1. Gigit kuku

Tentunya kebiasaan menggigit kuku masih banyak yang susah untuk meninggalkannya. Banyak yang menggigit kuku dan kemudian memakannya. Hal ini yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menghasilkan sel darah merah yang dapat membantu melawan infeksi. Tubuh anda akan menandai bakteri tersebut di dalam ingatan, sehingga apabila bakteri itu muncul lagi untuk kesekian kalinya tubuh anda sudah memiliki limfosit untuk mengalahkan bakteri tersebut. Banyak informasi juga menyebutkan bahwa orang yang mempunyai kebiasaan menggigit kuku atau menghisap jempol memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena alergi.

  1. Bersendawa

Bersendawa setelah makan banyak tentunya sudah dianggap sebagai hal yang paling memuaskan. Justru apabila menahan sendawa tersebut dapat menyebabkan gas yang dapat menyebabkan nyeri dada. Bersendawa dapat membantu meringankan udara yang ada di dalam perut. Namun apabila terlau sering bersendawa, perlu lebih diperhatikan karena itu bisa  jadi tanda akan penyakit asam lambung dan  dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter.

  1. Pipis sambil mandi

Kebiasaan kencing sambil mandi mungkin masih sangat susah diterima. Namun 75 persen orang pernah melakukannya setidaknya sekali dalam seumur hidup. Tentunya hal tersebut bukan hal yang memalukan, karena urine yang dikeluarkan mengandung kadar asam urat dan amonia yang dapat membantu untuk mencegah infeksi jamur di jari-jari kaki.