Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

Hidup Sehat – Mata ikan dalam istilah medis yang disebut dengan clavus disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV).

Pada umumnya, penyakit mata ikan ini tumbuh pada  kulit permukaan kaki, tumit, jari-jari kaki, telapak dan jari-jari tangan. Dengan gejala yang ditandai dengan penebalan serta pengerasan kulit.

Penyakit mata ikan ini sebenarnya bukan tergolong penyakit yang berbahaya namun dapat merusak penampilan seseorang serta terkadang dapat menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu kenyamanan.

Penyebab penyakit mata ikan

Menurut doktersehat.com , penyakit mata ikan disebabkan oleh virus human papilomavirus (HPV). Virus HPV terdapat 2 jenis yaitu HPV-1 biasanya menyerang pada kaki dan HPV-2 yang biasanya menyerang pada tangan

Mata ikan juga terdapat penyebab lain dari tekanan atau gesekan yang terus menerus pada kulit di daerah tertentu. Secepat mungkin penyakit ini harus segera diobati karena apbila sampai mengalami borok maka akan terjadi infeksi.

Bagi penderita dengan badan yang gemuk serta menggunakan alas kaki yang sempit dapat memperburuk keadaan karena tekanan berlipat ganda pada telapak kaki. Gesekan serta tekanan yang  terus menerus pada satu anggota tubuh yang dapat menyebabkan mata ikan. Sama halnya pada kasus tukan kayu yang menggunakan palu secara konstan dapat menyebabkan penebalan kulit dan lebih beresiko mata ikan tumbuh pada kulit telapak tangan tersebut.

Pada penderita diabetes juga bisa menimbulkan penyakit mata ikan karena disebabkan kelainan saraf pada pembuluh darah. Resiko terkena komplikasi akibat penyakit mata ikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengidap diabetes.

Bagi penderita diabetes yang ingin menghilangkan mata ikan, sangat dianjurkan untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan tindakan terhadap mata ikan tersebut. Hal ini dikarenakan sekalipun mata ikan itu hanyalah luka yang kecil, tetapi bisa berubah menjadi borok yang sangat sulit untuk disembuhkan.

Demi mencegah mata ikan itu timbul, maka sangat dianjurkan untuk memakai alas kaki dengan bantalan telapak kaki yang baik dan sesuai dengan ukuran kaki. Pemilihan alas kaki sangat disarankan dilakukan pada siang hari. Karena pada siang hari, berada pada ukuran yang sebenarnya.

Cara mengatasi penyakit mata ikan

Cara mengatasi penyakin mata ikan sebelum pergi ke dokter adalah dengan mengurangi penyebabnya. Apabila bagi yang sering menggunakan sepatu yang sempit maka sangat dianjurkan untuk meninggalkan kebiasaan tersebut untuk sementara waktu.

Seperti yang kita ketahui, mata ikan merupakan penebalan kulit, sehingga cara penanganan yang pertama kali harus dilakuakn adalah dengan mengurangi penebalan kulit tersebut. Selanjutnya cara pengobatan yang harus dilakukan adalah :

Merendam kaki ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun mandi yang lembut selama kurang lebih 15 menit. Kemudian gosok kulit yang mengalami penebalan tersebut dengan batu apung atau menggunakan sabun khusus untuk kulit. Tidak dianjurkan untuk mengikis kulit yang menebal tersebut secara langsung, tetapi cobalah melakukannya bertahap sedikit demi sedikit.

Beberapa saat kemudian angkat kaki dari rendaman serta mencucinya dengan air bersih dan kemudian keringkan kaki dengan handuk yang kering. Sebelum kaki benar dalam keadaan kering, oleskan salep atau obat oles yang mengandung salisilat 40% yang memiliki fungsi untuk mengangkat kulit mati. Menghilangkan mata ikan juga terdapat cara lain yaitu dengan injeksi steroid.

Penyakit  mata ikan yang sudah lama berada di kulit maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan operasi kecil (Mirror Surgery) dengan menggunakan bius lokal agar dilakukan pengangkatan lapisan kulit yang menebal beserta “mata”-nya. Apabila operasi kecil  sudah berhasil dilakukan, maka bekas luka akan diberi obat serta diperbankan. Tidak butuh waktu yang lama biasanya luka akan kering dan sembuh.