Jus Tomat Berkhasiat untuk Darah Tinggi

Hidup Sehat – Kini banyak ditemukan penelitian terbaru bahwa buah tomat ternyata sangat bermanfaat dalam membantu menurunkan darah tinggi (hipertensi).  Karena tomat mengandung antioksidan dan potasium yang dapat menekan efek berbahaya dari zat sodium di dalam tubuh.

Food Science and Nutrition melakukan penelitian terbaru yang dilakukan kepada 184 orang laki-laki dan 297 orang perempuan di Jepang yang menderita hipertensi maupun gejala hipertensi. Penelitian dilakukan dengan memberikan jus tomat ke semua yang dijadikan sebagai responden selama satu tahun penuh. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 94peserta terjadi penurunan tekanan darah secara signifikan.

Dr. Nicole Weinberg, seorang ahli jantung di Pusat Kesehatan Providence Saint John, California, Amerika Serikat (AS) berkata “ Jus tomat kaya akan vitamin dan mineral. Mengandung vitamin C dan B serta Potasium.”

Universitas Ben Gurion juga melakukan penelitian lain bahwa manfaat tomat untuk menurunkan darah tinggi. Pada penelitian dari 31 orang yang diberikan ekstrak tomat setiap hari akan terjadi penurunan tekanan darah. Bahwa Sistolik turun 10 poin serta pada Diastolik turun 4 poin.

Hasil dari penelitian  yang sudah dilakukan itu dapat disimpulkan bahwa dalam buah tomat terdapat unsur yang sangat membantu kesehatan yaitu antioksidan seperti likopen, beta, karoten, dan vitamin E. Dr Thomas Giles, Presiden American Society of Hypertension menyatakan “Dinding arteri adalah bagian yang terkena tekanan oksidatif. Dengan antioksidan dapat mengatasi hal itu.”

Walaupun tomat akan sangat membantu, tapi para penderita tekanan darah tinggi tetap disarankan untuk berolahraga agar saluran darah dan jantung bisa tetap sehat. Sekiranya lakukanlah olahraga kardia selama 150 menit setiap minggu.

Namun apabila tidak sempat melakukan olahraga tersebut, alternative yang bisa dilakukan sebagai pengganti adalah jogging maupun bersepeda. Cara lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi juga sangat diharuskan untukmengurangi konsumsi rokok, alkohol, serta makanan cepat saji.