Ketahui Dampak Kedekatan Ibu dan Anak Remajanya

Hidup Sehat – Journal of Interpersonal Violence melakukan riset terbaru yang menemukan bahwa antara sosok ibu dan anak remajanya yang memiliki hubungan yang hangat bisa menjadi penghalang bagi sang anak terlibat di dalam hubungan romantis yang kasar.

Kepala riset Jennifer Livingston,Ph.D mengatakan bahwa hubungan yang hangat dengan sosok ibu akan membuat para remaja itu lebih bisa menghargai diri sendiri.  Hal ini dikarenakan, anak-anak membentuk pola interaksi internal dan hubungan dengan orang lain berdasarkan dari hubungan dengan orang tua.

Livingstone juga berkata “ Apabila orang tuanya kasar, itu akan membuat sang anak akan melihat dirinya tidak dicintai dan melihat orang lain sebagai musuh yang sulit untuk dipercaya.” Sebaliknya apabila pengasuhan anak dengan baik, seperti penerimaan atas sang anak serta kehangatan, akan membuat si buah hati merasa positif secara internal dan juga dapat menghargai orang lain.

Livingston berharap hasil risetnya bisa menjadi acuan dalam mencegah agar para remaja tidak terlibat dengan kekerasan  fisik maupun psikis. Karena sekitar 30 persen remaja merupakan korban dari hubungan romantis yang kasar.

Livingstone dan rekannya mengerjakan riset yang melibatkan 140 remaja yang sedang duduk di bangku SMP dan SMA yang diasuh oleh orangtuanya. Para remaja itu diminta untuk mengikuti beberapa kali survei untuk ditanyakan mengenai pengetahuannya tentang konflik orang tua, persepsi tentang hubungannya dengan orang tua, serta keterlibatannya dalam hubungan romantis yang kasar.

Hasil riset membuktikan remaja yang memiliki hubungan positif dengan sang ibu ternyata cenderung lebih sedikit terlibat dalam hubungan harmonis yang kasar. Walaupun kedua orangtuanya sering bertengkar.