10 Manfaat Dari Mengkonsumsi Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Daun bawang sangat mudah dan banyak sekali ditemukan sebagai pelengkap dari semuah masakan. Bahkan ada banyak juga yang menggunakan daun bawang sebagai penghias suatu masakan.

Akan tetapi tahukah anda bahwa daun bawang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti yang telah dilansir oleh magforwomen.com, daun bawang bermanfaat untuk peningkatan kesehatan kulit, rambut, pencernaan, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Selain manfaat tersebut, berikut adalah manfaat lain dari daun bawang untuk kesehatan.

  • Sumber Zat Besi

Kandungan zat besi yang ada di dalam daun bawang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan kesehatan hemoglobin, dan mampu memperkuat sel jaringan di tubuh.

  • Memiliki Kandungan Serat Yang Baik

Tingginya kandungan serat yang ada didalam daun bawang ini baik untuk kesehatan dan pencernaan anda. Serat ini juga baik untuk mencegah anda dari resiko terkena sembelit.

  • Tinggi Akan Kalium

Siapa sangkah bahwa daun bawang ini juga tinggi akan kalium. Yah, kalium ini juga bermanfaat untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh, mengurangi masalah jantung, dan mencegah dari kram otot.

  • Baik Untuk Kesehatan Jantung

Senyawa yang bernama cycloaliin yang ditemukan didalam daun bawang ini bermanfaat untuk melindungi jantung anda dari berbagai macam penyakit. Dan senyawa ini juga berfungsi sebagai mengencerkan darah dan mengurangi resiko penyakit aterosklerosis.

  • Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh

Daun bawang yang biasa sering ditambahkan dalam sup sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan mencegah tubuh anda dari demam, flu, dan batuk pilek.

  • Rendah Kalori

Daun bawang merupakan termasuk jenis sayur – sayuran, sehingga daun bawang rendah akan kalori.

  • Tinggi akan Anti Oksidan

Daun bawang juga memiliki Zat Anti Oksidan yang bernama Quercetin dan kemferfol yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh anda secara keseluruhan.

  • Memiliki Sifat Anti Diabetes

Daun bawang juga mengandung phyto-kimia yaitu secara allium dan alil disulfide yang memiliki sidat anti diabetes. Zat satu ini membantu anda mencegah degrasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolism glukosa.

Baik Digunakan Untuk Mengobati Cacingan

Apabila buah hati Anda menderita cacingan, jangan ragu untuk memberikan daun bawang sebab daun bawang mampu digunakan untuk mengobati cacingan.

  • Mempu Mengobati Infeksi

Daun bawang ternyata memiliki sifat anti jamur, anti bakteri, dan anti virus sehingga sangat baik untuk mengobati infeksi pada luka yang ada didalam tubuh anda.

Ternyata dibalik bentuknya yang sangat kecil, daun bawang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Jadi jangan buang daun bawang yang ada dalam suatu hidangan masakan anda.