6 Manfaat Kesehatan dari Almond

Hidup Sehat – Salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi dan vitamin adalah ALMOND. Almond tetap digemari meskipun harganya relative mahal, bahkan tidak jarang banyak yang menjadikannya sebagai cemilan.

Seorang ahli gizi, Angelique Panagos mengatakan, almond baik dikonsumsi dalam bentuk apapun, baik sebagai pelengkap sarapan, campuran salah bahkan jika dijadikan saus sekalipun. Karena, almond mengandung sumber omega 3, asam lemak esensial tak jenuh ganda, protein, serat, nutrisi, serta vitamin.

Berikut 6 manfaat dari almond untuk kesehatan :

  1. Turunkan kolesterol jahat

Menurut penelitian diketahui bahwa ketika seseorang dengan berat badan normal  mengonsumsi almond, maka akan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan vitamin E

Almond merupakan sumber vitamin E. Dengan mengonsumsi beberapa genggam almond setara dengan mencukupi 37 persen dari AKG. Sehingga almond bisa membantu mempertahankan sel terhadap oksidasi kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Di samping itu, vitamin E juga sudah terbukti dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

  1. Mengurangi berat badan

Almond mengandung kalori dan lemak tinggi, namun mengonsumsi kacang almond dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Dengan mengonsumsi almond dapat memberikan rasa kenyang, selain itu almond juga tinggi sumber vegan sehingga bagus dijadikan sebagai alternative cemilan di saat menjalani program diet.

  1. Mengurangi resiko kanker

Sebuah riset penelitian di Meksiko mengungkapkan bahwa mengonsumsi almond bisa mengurangi resiko kanker payudara hingga dua sampai tiga kali lipat. Almond juga dipercaya secara signifikan dapat mengurangi resiko kanker usus besar bagi pria maupun wanita.

  1. Menekan resiko penyakit jantung

Hasil riset menyatakan bahwa mengonsumsi 50 gram almond sehari dapat membantu menjaga pembuluh darah bekerja dengan baik, meningkatkan antioksidan dalam aliran darah, mengurangi tekanan darah serta meningkatkan aliran darah.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Almond disebut merupakan sumber magnesium, melatonin, dan kalsium yang baik. Hasil awal riset menunjukkan bahwa almond adalah sumber yang baik untuk meningkatkan relaksasi otot saat tidur. Namun terkait untuk lenih menguatkan dari riset di awal ini perlu adanya dilakukan riset lanjutan.