Khasiat Dari Tanama Ciplukan Yang Tidak Banyak Di Ketahui Orang

Hidup Sehat – Tanaman ciplukan yang memiliki banyak sekali manfaat yang sagat luar biasa untuk kesehatan. Namun masih banyak sekali orang yang belum mengetahui tentang khasiat yang ada pada pohon ciplukan.

Tanaman ciplukan sendiri dulunya hanya dianggap sebagai hama atau tanaman liar oleh banyak orang. Bahkan tanaman ini sering kali dibasmi karena dianggap menganggu. Padahal jika kita mengetahui manfaat dan nilai ekonomi yang bisa kita dapat dari tumbuhan ciplukan pasti tidak akan kita basmi dan menganggapnya tanaman liar.

kini di kota besar buah ciplukan bisa dijual hingga ratusan ribu per kilogram-nya. Bahkan tersebar foto sebuah supermarket di ibu kota menjual hingga Rp 500 ribu per kilonya. Di Brunei Darussalam bahkan menjual ciplukan Rp 10 ribu per buah. Buah ini memang terlihat sangat unik. Di pohonnya, buah ciplukan terbungkus oleh kelopak yang menggembung. Buahnya berwarna hijau bila belum matang dan berwarna kuning ketika matang. Seperti buah kebanyakan, bila belum matang rasanya asam dan bila matang rasa ciplukan menjadi manis. Dan berikut enam manfaat buah ciplukan dengan ukuran yang mini, namun harganya selangit yang dilansir dari Health Benefits Times.

1 Sebagai  Antioksidan

Buah Ciplukan yang memiliki sifat antioksidan dipercaya dapat menyembuhkan hepatitis, malaria, rematik, dermatitis, asma, bahkan kanker. sedangkan Kandungan etanol yang terdapat di dalam buah ciplukan mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

2  Melindungi Hati dan Ginjal dari Fibrosis

Fibrosis merupakan kondisi di mana terjadi kerusakan atau terganggunya fungsi organ seperti hati dan ginjal. Buah Ciplukan dengan berbagai nutrisi, mineral, vitamin, protein, zat besi, serta kalsium dapat membantu melindungi hati dan ginjal dari fibrosis.

3  Memiliki Manfaat Yang Baik Untuk Wanita Hamil

Zat besi yang terkandung dalam buah ciplukan sangat baik untuk wanita yang sedang hamil. Karena Biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan kering mengandung zat besi yang sangat baik untuk wanita hamil. Mengonsumsi buah ciplukan setiap hari dapat memenuhi kebutuhan zat besi pada wanita yang sedang hamil.

4  Meningkatkan Kesehatan Mata

Penglihatan merupakan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari setiap orang. Mengonsumsi makanan yang mengandung akan vitamin A dapat menbantu kesehatan mata. Yang mana di ketahui di dalam buah ciplukan kaya akan vitamin A dapat meningkatkan penglihatan serta menyehatkan mata.

5  Membantu Kesehatan Otak

Sifat antioksidan serta vitamin C yang terkandung dalam buah ciplukan dapat membantu dalam menghilangkan penumpukan plak di jalur kognitif otak.

Buah ciplukan dapat membantu penderita penyakit seperti alzheimer dan demensia. Buah ini dapat membantu kemampuan otak seperti meningkatkan daya ingat, fokus, serta konsentrasi.

6 Menghilangkan Rematik

Kandungan yang terdapat dalam buah ciplukan dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa nyeri radang sendi atau rematik. Buah ciplukan dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang nyeri sehingga meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi rasa sakit.