Ketahuilah Buah Pisang Andalan Cegah Stroke dan Serangan Jantung

Hidup Sehat – Kunci utama dari hidup sehat yang perlu diperhatikan oleh banyak orang saat ini adalah olahraga dan tidur yang teratur. Hal ini guna untuk menghindarkan Anda dari berbagai penyakit serta gangguan masalah lainnya.

Seperti yang banyak diketahui, adanya jenis buah-buahan yang memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Salah satunya manfaat dari buah yang ada adalah dapat mencegah serangan jantung dan stroke yang merupakan penyakit yang perlu dihindari oleh setiap orang.

Kesehatan sangat dipengaruhi oleh makanan seperti buah-buahan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pisang adalah salah satu jenis buah yang ternyata memiliki manfaat sangat bagus untuk kesehatan. Diketahui buah berwarna kuning ini banyak mengandung kalium.

Para peneliti di University of Alabama, Amerika Serikat (AS) menemukan fakta mengenai makan pisang setiap hari dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

Sebuah studi yang hendak menentukan cara kerja kalium mineral mempengaruhi aliran darah dan kesehatan arteri. Penelitian tersebut dilakukan pada tikus yang diberikan makanan dengan kalium rendah, normal, dan tinggi. Sehingga secara keseluruhan, tikus yang memiliki arteri lebih sempit merupakan tikus yang diberikan diet rendah kalium dibanding yang lainnya.

Sedangkan, tikus yang menerima kadar kalium tinggi menunjukkan adanya pengerasan arteri yang secara signifikan lebih sedikit dan pada bagian aorta mereka kekakuan lebih berkurang. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Seorang dokter ahli jantung di Ohio State University Wexner Medical Center, Ragavendra Baliga mengatakan “Journal of American College of Cardiology pada 2011 menerbitkan satu analisis yang mendata 11 studi dari 250.000orang. Hasil studi menyatakan bahwa peningkatan rata-rata 1540 mg diet kalium per hari dikaitkan dengan penurunan resiko stroke sebesar 21 persen.”

Universitas Alabama melakukan studi yang pertama dari melihat dampak mineral pada kesehatan arteri. Seorang ahli diet kardiologi preventif, Michelle Routhenstein mengatakan untuk membantu menjaga detak jantung yang sehat diperlukan untuk mendapatkan cukup potasium.

Michelle Routhenstein juga berujar “ ketika kurang kalium, aritmia jantung dapat terjadi dan berpotensi mengganggu aliran darah ke otak, otot, dan organ.”

Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lanjutan karena pisang bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan kalium. Hal ini dikarenakan para peneliti perlu melihat lebih jelas lagi dampak kepada orang-orang karena belum dapat ditetapkan bahwa sebuah makanan dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

Selain pisang, makanan yang dikenal mengandung kalium tinggi adalah ubi jalar, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun gelap.