Pengaruh Kesehatan Dari Tanaman Hijau Yang Ada di Dalam Rumah Ataupun Kantor

Hidup Sehat – sebagian dari kita tentu tahu bahwa berada di dekat tanaman hijau dapat membuat kita merasa rileks. Menaruh tanaman hijau di rumah maupun di kantor bisa membuat anda  mendapatkan beberapa manfaat. Namun beberapa kantor mungkin tidak memiliki ruang lebih untuk meletakkan tanaman, tapi hal ini bukan merupakan halangan bagi kia untuk bisa menikmati manfaat dari tanaman hijau ini. Karena anda bisa meletakkan pot kecil berisi tanaman kaktus, bongsai ataupun tanaman hijau lainnya di atas meja kerja anda.tanaman yang kita letakan di atas meja kerja ataupun di dalam ruangan rumah kita bukan hanya berfungsi sebagai dekoratif saja namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat meletakkan tanaman di meja kerja kita ataupun dalam ruangan rumah kita.

1  Menghasilkan Banyak Oksigen

Tanaman hijau dapat membuat ruangan anda penuh dengan oksigen karena tanaman hijau sendiri dapat menyerap karbon dioksida di dalam ruangan sehinga ruangan dan mengubahnya menjadi oksigen sehingga membuat ruangan menjadi lebih segar. Maka dengan memperbaiki kualitas udara karena Perabotan-perabotan yang ada di kantor seperti pendingin udara, pengharum ruangan, peralatan kebersihan berkontribusi pada buruknya udara kantor. Jika kita terus menerus menghirup udara yang tidak baik tersebut maka dapat mengalami beberapa masalah seperti sakit kepala, pusing, hingga masalah pernapasan. Dan dengan di letakannya tanaman hijau di dekat meja ataupun ruang kerja dan rumah kita bisa membantu memurnikan udara yang ada di sekitarnya.

2 Dapat Mengurangi Stress dan Meningkatkan Fokus Kita

Pernah anda merasakan di separuh waktu anda di habisakan untuk diam, ataupun termenung yang mana pada akhirnya hal tersebut membuat pekerjaan anda tidak dapat siap tepat waktu. Hal ini disebabkan anda kurang fokus disaat bekerja. Maka dengan menaruh tanaman hijau di ruangan kerja kita dapat membantu agar kita lebih tenang dan fokus dalam melakukan suatu hal. Itu semua terjadi karena saat anda bekerja di rumah ataupun kantor daun pada tanaman tersebut menarik pandangan mata kemudian dapat membuat anda lebih fokus. Dengan dapat bekerja secara tenang dan fokus hal tersebut akan mempengaruhi tingkat stres  anda. Seperti dari sebuah studi telah membuktikan bahwa bahwa menaruh tanaman di lingkungan kerja secara signifikan dapat mengurangi stress di kalangan pegawai. Bahkan hasil dari studi tersebut menyatakan penurunan kecemasan pegawai sebanyak 37 persen, penurunan depresi sebanyak 58 persen, penurunan kelelahan sebanyak 38 persen, serta penurunan terjadinya konflik sebanyak 44 persen. Dan para peneliti percaya bahwa ini ada hubungannya dengan warna hijau yang dihasilkan oleh tanaman bisa membantu mengurangi stres dan memberi rasa rileks.

3 Mencegah penyakit

Menempatkan tanaman hijau di dalam rumah juga dapat merupakan cara yang praktis untuk melindungi Anda dari penyakit yang datang, seperti flu dan demam. Karena tanaman bertindak sebagai bahan alami untuk mengatur kelembapan di udara. Hal ini sangat membantu untuk mencegah Anda dari sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan batuk serta meningkatkan daya tahan tubuh.

4 Menurunkan tekanan darah

Jika anda memiliki masalah pada tekanan darah tinggi, Anda membutuhkan suplemen kesehatan dan tanaman hijau. Seperti penelitian dari Kansas State University bahwa pasien sehabis melakukan operasi akan lebih mudah menurunkan tekanan darahnya dengan menaruh tanaman dan bunga di ruangan. Bunga dan tanaman hijau yang segar dapat memberikan efek rileks dan ketenangan pikiran. Hal ini akan membuat tekanan darah Anda semakin baik tentunya.