Apakah Benar Jika Rutin Konsumsi Ikan Bisa Bikin Cepat Punya Anak?

Hidup Sehat – Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda gemar mengkonsumsi ikan. Ikan merupakan sumber protein dan omega-3 yang cukup tinggi tentunya sangat baik untuk kesehatan. Nah, jika anda rutin makan ikan juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pasangan yang sedang berencana ingin memiliki anak, kenapa begitu?

Apa benar makin ikan bikin subur?

Ikan dinobatkan sebagai slah satu sumber makanan yang bisa meningkatkan kesuburan karena kandungan asam lemak omega-3 nya, terutama DHA dan EPA yang sangat sulit ditemukan dalam makanan lain. Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak tidak jenuh yang punya banyak manfaat bagi tubuh anda.

Asupan omega-3 yang mencukupi dapat mengendalikan peradangan, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah, hingga mengurangi penumpukan lemak dibawah kulit dan yang tersimpan pada hati.

Sejumlah hal ini pada akhirnya akan bantu mempelancar aliran darah ke sistem organ intim untuk membantu pelepasan hormone reproduksi yang lebih teratur. Sejumlah studi mengatakan bahwa asupan omega-3 dapat memperbaiki kualitas air mani dan sperma pria serta melancarkan proses ovulasi wanita. Sel telur dari wanita yang mencukupi asupan omega-3 nya dari ikan ini terbukti lebih berkualitas dan mudah dibuahi oleh sperma.

Sebuah penelitian yang melibatkan 500 pasangan di Texas dan Michigan pernah dilakukan untuk melihat efek makan seafood termasuk ikan selama 12 bulan. Setelah 12 bulan, ditemukan bahwa pasangan yang keduanya makan seafood lebih dari 2 kali dalam seminggu bisa hamil dengan persentase sukses 92 persen. Sementara itu, peluang sukses hamil pada pasangan yang lebih jarang makan ikan hanya sekitar 79 persen. Di sisi lain, ikan adalah sumber makanan tinggi protein dan vitamin D yang juga penting bagi perkembangan awal pembentukan janin.

Apa saja ikan yang bisa membuat subur?

Ada banyak ikan yang mengandung tinggi omega 3 sehingga bisa membantu meningkatkan kesuburan, seperti:

  • Ikan tuna
  • Ikan salmon
  • Ikan tongkol
  • Ikan kembung
  • Ikan makarel
  • Ikan kakap besar
  • Ikan selar

Anda bisa makan beraneka ragam ikan tersebut secara bergantian dalam seminggu. Untuk memenuhi kebutuhan omega-3, dibutuhkan 170-230 gram ikan per minggu atau sebanyak 2-3 porsi ikan per minggu.

Tetap harus berhati – hati dengan kandungan merkuri yang ada dalam ikan

Meski rutin makan ikan membantu Anda untuk mempercepat kehamilan, Anda tetap tidak boleh berlebihan memakannya. Hati-hati dengan kandungan merkuri pada ikan berlemak.

Tubuh kita sangat mudah menyerap merkuri dan menyimpannya dalam waktu lama, bahkan hingga berbulan-bulan. Semakin banyak merkuri yang menumpuk dalam tubuh, efeknya justru akan berbalik membahayakan kesuburan. Merkuri dapat menembus plasenta sehingga berdampak juga pada perkembangan otak dan saraf janin yang Anda kandung.

Namun Anda tidak perlu khawatir untuk makan ikan. Selama porsinya masih wajar dan cara memasaknya tepat (tidak setengah matang), manfaat makan ikan akan lebih banyak daripada risiko bahayanya.