Perhatikan 5 Waktu Terbaik Makan Buah Guna Badan tetap Ideal dan Sehat

Hidup Sehat – Buah merupakan asupan kaya nutrisi yang dapat mencegah dari berbagai penyakit. Kandungan yang terdapat pada buah yang paling dikenal adalah flavanoid dan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Buah sebenarnya bisa dikonsumsi secara bebas kapan pun itu. Akan tetapi ketahuilah 5 waktu terbaik makan buah yang dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi sehingga tubuh tetap ideal dan sehat.

  1. Pagi hari

Di pagi hari menu sarapan berupa buah dan air putih yang baik dikonsumsi saat perut kosong sangat disarankan. Buah dengan kandungan gula dan nutrisi lainnya mampu mencukupi kebutuhan tubuh, menekan resiko peradangan serta,menghambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Antara waktu makan

Waktu terbaik yang disarankan mengonsumsi buah adalah diantara waktu makan sebagai menu ngemil. Buah dengan kandungan serat dan gula sederhana yang dapat berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengendalikan rasa lapar di saat menunggu waktu makan tiba.

Dr Roopali, seorang ahli nutrisi mengatakan, “ berbagai jenis buah yang memiliki kalori yang minim, kaya sodium, potasium, dan mineral lain merupakan menu ngemil terbaik. Buah dengan kandungan nutrisi dapat melindungi tubuh dari efek lapar mata.

  1. Setengah jam sebelum dan setelah makan

Waktu lain yang disarankan oleh para ahli adalah member selang 30 menit antara konsumsi buah dan makanan pokok. Selang waktu dapat berlaku baik sebelum dan setelah makan besar.

Teruntuk penderita diabetes, selang waktu yang disarankan adalah dua jam setelah makan besar dan satu jam sebelum konsumsi hidangan pokok merupakan selang waktu yang paling memungkinkan buah dapat dioleh dengan baik dan nutrisi dapat serap tubuh secara maksimal.

  1. Sebelum dan sesudah olaharaga

Buah yang dikonsumsi sebelum olahraga dapat memberikan energy yang cukup untuk melakukan semua latihan fisik. Sedangkan buah yang dikonsumsi sesudah olahraga dapat mengganti semua energy yang dikeluarkan saat olahraga.

Dr Roopali juga mengatakan, “ bagi yang rajin berolahraga, maka sangat disarankan untuk makan pisang atau mangga di saat sebelum dan sesudah latihan fisik dilakukan. Baik pisang maupun mangga dapat memberikan energy yang cukup serta elektrolit yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.”

  1. Selain sebelum waktu tidur

Pooja Makhija, seorang ahli nutrisi mengingatkan waktu yang harus dihindari apabila hendal mengonsumsi buah adalah sesaat sebelum tidur. Hal tersebut karena dapat berdampak buruk pada tubuh.

Pooja Makhija mengatakan “ jangan makan apapun sebelum waktu tidur, karena dapat beresiko mengganggu istirahat. Hal tersebut karena kandungan gula dapat meningkatkan energy yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi kesulitan istirahat dan tidur.”