Tips Menjaga Ginjal Tetap Sehat Sampai Tua

Hidup Sehat – Ginjal yang merupakan salah satu organ vital manusia yang memiliki fungsi sebagai ekskresi pada manusia sehingga sangat penting bagi anda untuk selalu menjaganya agar tetap sehat. Didalam tubuh manusia sendiri memiliki sepasang ginjal yang letaknya berada di daerah dekat pinggang dengan ukurang panjang sekitaran 10 Cm dan dengan kisaran berat lebih dari 200 gram.

Ginjal sendiri berperan penting bagi keberlangsungan hidup manusia oleh karena itu di kesempatan kali ini akan kami bagikan cara merawat ginjal yang benar di bawah ini.Peran dari ginjal merupakan mengatur keseimbangan asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, membantu mempertahankan kalsium untuk tulang. Itulah peran besar ginjal bagi tubuh manusia.

Maka berikut ini cara untuk dapat menjaga yang wajib anda ketahui diantaranya :

1 Mengatur Pola Makan

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam . Makanan seperti ikan, daging putih tanpa lemak serta buah dan sayur yang ditanam dengan system organik merupakan makanan yang baik dan kurangilah dalam mengkonsumsi makanan olahan serta garam yang berlebihan

Karena terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat mengganggu keseimbangan miniral dalam darah. Yang mana akhirnya dapat memperberat dari gingal dan mengganggu fungsi ginjal. Terlalu banyak garam bisa mengakibatkan seseorang akan lebih cepat haus dari biasanya dan juga kembung. Ataupun keluarnya urin yang lebih sedikit dari pada biasanya juga bisa disebabkan oleh tingginya kadar garam yang dikonsumsi.

2 Aktif Bergerak

Cara menjaga kesehatan ginjal yang kedua adalah dengan cara beraktivitas fisik secara rutin. Anda harus selalu aktif bergeral dan jangan bermalas karena dengan bergerak kesehatan anda bisa terjaga. Aktivitas yang bisa anda lakukan dengan olahraga secara teratur minimal 30 menit sehari. Dengan olahraga akan membuat ginjal dan organ lainnya akan tetap sehat, bekerja secara optimal, dan terhindar dari resiko penyakit.

3 Kontrol Tekanan Darah

Penyakit ginjal ternyata juga dapat dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Karena sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa 35 % penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Dikarenakan ketika kekuatan aliran darah tinggi, pembuluh darah akan meregang sehingga darah mengalir lebih mudah. Namun, peregangan ini dapat meninggalkan bekas luka dan melemahkan pembuluh darah ke seluruh tubuh, termasuk pada bagian ginjal. Untuk dapat mencegah tekanan darah tinggi agar ginjal tetap sehat, Anda dapat mengsiasatinya dengan memilih makanan yang tinggi kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah stabil. Kalium dapat Anda temukan dengan mengkonsumsi alpukat, kentang, pisang, susu, dan ikan.

4 Menjaga Berat Badan

Cara menjaga kesehatan ginjal berikutnya adalah dengan menjaga berat badan ideal. Dikarena selain dapat mempengaruhi keadaan emosional, memiliki berat badan yang berlebih (apalagi obesitas) sangat buruk untuk kesehatan karena organ tubuh lainnya yang akan bekerja lebih keras, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya kinerjanya menjadi lemah. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan berkonsultasi kepada dokter.

5 Minum Air Putih Yang Cukup

Minumlah air putih sebanyak 6-8 gelas perhari Hal ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal Anda. Karena Memenuhi asupan air putih merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Jika asupan cairan dalam tubuh tercukupi dengan maksimal maka aliran darah ke ginjal juga akan baik dan lancar. Apabila sebaliknya terjadi penurunan aliran darah ke ginjal maka lama kelamaan dapat memperburukan fungsi ginjal. Selain hal itu jika Anda dalam kondisi sakit, usahakan jangan sampai Anda mengalami dehidrasi, karena dengan dehidrasi hal itu dapat memperberat kerja ginjal anda.

Dengan memenuhi kebutuhan cairan untuk tubuh Anda juga bisa menghindari infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing pada umumnya terjadi akibat bakteri. Dan apabila infeksi ini tidak ditangani maka bakteri penyebab infeksi tersebut dapat bergerak naik ke atas dan menginfeksi ginjal sehingga menyebabkan fungsi dari ginjal terganggu. Hal paling mudah untuk mencegah infeksi saluran kencing yaitu dengan minum air secukupnya minimal 8 gelas setiap hari dan menjaga higienitas saluran kencing.

Perlu diketahui, bagi orang yang sehat, memperbanyak minum air baik untuk kesehatan. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada penderita ginjal kronis. karena bagi penderita ginjal kronis harus menjaga asupan air di dalam tubuhnya karena kondisi ginjalnya tidak berfungsi secara normal.Ketika mendapat asupan banyak air, ginjal dipaksa bekerja lebih keras untuk mengatur kebutuhan air dalam tubuh. Air yang tidak dikeluarkan menjadi urine akan lantas menumpuk di dalam tubuh. Oleh karena itu, dokter biasanya membatasi asupan air sesuai dengan kondisi tubuh pasien agar tidak memperburuk kondisi ginjal.