Perlengkapan di Rumah yang Wajib Dibersihkan Setiap Harinya

Hidup Sehat – Sebagian masyarakat hidup dengan berbagai kesibukan yang terkadang membuat seseorang tidak sempat melakukan bersih-bersih rumah. Bahkan hanya sekedar untuk membersihkan lantai, mencuci tumpukan piring kotor juga ada saja yang tidak sempat terurus.

Akan tetapi, kebersihan seharusnya menjadi prioritas baik itu kebersihan rumah harus tetap terjaga. Melalui laman First for Women, menjelaskan ada beberapa perlengkapan yang berada di rumah yang seharusnya perlu dibersihkan setiap harinya.

Karena dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius, maka sebaiknya beberapa jenis perlengkapan yang berada di rumah ini harus dibersihkan setiap harinya. Beberapa jenis perlengkapan di dalam rumah yang diharuskan untuk dibersihkan setiap hari adalah sebagai berikut :

Piring kotor

Barbara Mullan, Associate Professor dari sekolah psikologi Universitas Curtin, menyebutkan bahwa bakteri akan tetap hidup di permukaan bahkan permukaan bersih sekalipun selama empat hari.

Barbara Mulan mengatakan “Bakteri akan tetap hidup dalam waktu yang sangat lama pada hidangan yang memiliki kontaminasi seperti partikel makanan.”

Wastafel dapur

Ahli mikrobiologi lingkungan di Zuckerman College of Public Health di Arizona, Kelly A. Reynolds, PhD, mengatakan ada jutaan kuman penyebab penyakit (patogen) yang akan menempel di wastafel, segel saluran pembuangan, bahkan pada gasket karet yang terdapat di sekitar pembuangan sampah.

Seharusnya tidak akan ada masalah, apabila wastafel dapur Anda terus dibersihkan secara rutin.

Mesin pembuat kopi

Mesin pembuat kopi merupakan salah satu perlengkapan di rumah yang berpotensi dengan cepat menjadi tempat tidur panas yang hangat dan lembab bagi pertumbuhan bakteri. Mesin pembuat kopi yang kotor juga dapat mempengaruhi rasa yang akan dihasilkan saat pembuatan minuman, kopi akan terasa berminyak. Jadi sebaiknya untuk membersihkan mesin pembuat kopi dengan cara memasukkan cuka encer dan air lalu menyalakan mesinnya.

Microwave

Adanya mitos yang beredar bahwa microwave dapat membunuh semua bakteri yang ada di dalamnya saat digunakan. Dr. Reynolds menjelaskan “ Bakteri tangguh hanya dapat tertidur apabila Anda tidak membersihkan permukaan secara teratur.” Oleh karena itu, pastikan membersihkan microwave rutin setiap harinya, serta bersihkan apabila adanya tumpahan karena mikroba dapat berkembangbiak.

Lantai Dapur

Jangan pernah lupa untuk membersihkan lantai dapur, apbila tidak ingin didatangi oleh banyak serangga yang akan sangat mengganggu. Karena lantai dapur merupakan tempat pertama bagi serangga untuk tinggal ketika mulai kotor. Sebaiknya sapulah lantai selama lima menit setiap harinya dan sapulah lantai selama sepuluh menit atau lebih di hari selanjutnya.