Berbagai Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Yang Jarang di Ketahui

Hidup Sehat – Daun pandan merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi bahkan tanaman ini dapat ditemui dengan mudah tumbuh liar di sekitar halaman rumah, kebun, bahkan dihutan. Bahkan sejak zaman dahulu daunnya sudah dimanfaatkan sebagai penyedap masakan karena tanaman satu ini memiliki aroma yang khas. Untuk daun pandan ini kerap dipergunakan untuk pewarna masakan, dan menambah aroma makanan agar lebih sedap. Namun di balik itu semua daun pandan menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman pandan yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara ini memiliki kandungan senyawa kimia alami, seperti polifenol, flavonoid, saponin dan alkaloid. Senyawa tersebut memiliki peran sebagai anti bakteri. Inilah yang membuat daun pandan ampuh untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa manfaat dari daun pandan untuk kesehatan tubuh:

1 Mencegah Kanker

Dalam daun pandan, ada kandungan penting yang sangat sulit ditemukan di tanaman lain, yaitu kandungan anti karsinogenik. Ditambah lagi, daun pandan juga berperan sebagai antioksidan alami yang ampuh untuk mencegah kanker bila dikonsumsi secara teratur.

2 Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Masalah tekanan darah yang paling umum biasanya berupa hipertensi atau biasa disebut dengan tekanan darah tinggi. Untuk penyakit hipertensi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia, gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi mengonsumsi daun pandan sebagai campuran teh secara rutin bisa sangat membantu.

3 Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain kandungan antioksidan dan anti karsinogenik, didalam daun pandan juga ada senyawa alami lainnya yang mampu mengontrol kadar gula darah, yaitu anti hiperglikemik. Senyawa alami ini sangat efektif menurunkan postorandial gula darah dan menstimulasi sekresi insulin.

4 Mencegah Rabut Rontok

Menggunakan sampo alami dari daun pandan secara rutin sangat efektif untuk mencegah rambut rontok. Anda bisa menambahkan campuran bunga melati dan mawar untuk menambah manfaat daun pandan untuk mencegah rambut dari kerontok.

5 Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Satu lagi manfaat daun pandan untuk menjaga kesehatan tubuh yang sangat penting, yaitu efektif untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, ekstrak daun pandan juga baik untuk menu diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun diet untuk menjaga berat badan.

6 Meningkatkan Nafsu Makan

Gangguan nafsu makan pada anak maupun orang dewasa bisa diatasi dengan mengonsumsi daun pandan. Anda bisa menambahkan daun pandan ke dalam minuman teh atau makanan. Selain mampu meningkatkan nafsu makan dengan konsumsi daun panda juga ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, stamina akan terjaga dan tubuh bisa lebih aktif dalam beraktivitas. Daun pandan bisa dikonsumsi dengan dicampurkan dalam teh atau dalam makanan sesuai keinginan.