Tahukah Cokelat Punya Segudang Manfaat

Hidup Sehat – Siapa sih cokelat lovers? Coklat tentunya sangat digemari hampir semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, kaum milenial sampai kalangan kolonial, pelajar hingga guru, anak-anak hingga dewasa, semuanya menyukainya. Cokelat memiliki citarasa yang begitu lezat dan hampir tidak ada yang tidak tergoda akan nikmatnya yang tiada tara.

Namun adanya kepercayaan akan informasi yang salah mengenai manfaat cokelat yang beredar yang mengatakan bahwa makan cokelat bisa menimbulkan jerawat. Tentunya kepercayaan tersebut tanpa adanya dasar ilmiah yang kuat. Pada dasarnya jerawat disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes, penggunaan obat tertentu, Kosmetik, faktor genetik, kulit wajah yang kotor, dan lain sebagainya.

Cokelat terdiri dari kandungan asam gallat dan epikatekin flavonoid yang dipercaya dapat melindungi jantung (efek kardioprotektif). Kandungan flavonoid yang terdapat di cokelat, terutama katekin, epikatekin, dan prosianidin yang vermanfaat untuk membantu system kardiovaskuler dalam menurunkan kadar kolesterol, mengurangi peradangan (inflamasi), serta dapat mencegah terjadinya gumpalan darah.

Para ahli merekomendasikan dosis rata-rata flavonoid sekitar 400 mg setiap harinya. Dosis tersebut setara dengan 8 batang cokelat hitam ( dark chocolate) atau dengan 30 batang cokelat susu (milk chocolate). Namun yang menjadi kendalanya apabila Anda mengonsumsi cokelat tersebut, tentunya secara otomatis Anda sama saja mengonsumsi semua kalori dan gula yang terkandung di dalamnya.

Jalan keluar terbaik sebagai solusinya adalah Anda dapat membeli produk cokelat dengan konsentrasi yang pekat. Cobalah untuk memilih coklat hitam (dark chocolate) ataupun memilih cokelat dengan kandungan 70 persen atau lebih. Karena semakin tinggi kandungan cokelatnya maka akan semakin baik pula bagi kesehatan Anda.

Pada cokelat hitam diformulasikan dengan cairan cocoa bean dengan persentase lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat susu. Itu pula yang menjadikan kandungan flavonoid pada cokelat hitam lebih tinggi dibanding dengan cokelat susu. Informasi tersebut yang penting untuk diketahul bahwa tidak semua cokelat merupakan sumber flavonoid yang baik.

Cokelat juga memiliki manfaat dapat menurunkan tekanan darah manusia, tentunya hal tersebut sudah dibuktikan langsung oleh Dr. David Katz, professor di Universitas Yale. Menurut riset lainnya, cokelat memiliki manfaat untuk mengurangi resiko akan penyakit stroke. Salah satu manfaat cokelat lainnya adalah dapat membangkitkan rasa senang serta sensasi nyaman yang disebabkan oleh pelepasan kadar serotonin di otak.

Namun manfaat cokelat pada penderita kanker, masih menjadi perdebatan (kontroversional). Bagi sebagian ahli ada yang setuju namun bagi sebagian ahli lainnya menolaknya. Sebagai orang awam sebaiknya kita menunggu kepastian hasil riset atau bisa juga melakukan riset yang dapat membuktikan kebenaran dimana cokelat berpotensi menyembuhkan penyakit kanker.

Pada tanggal 2 Maret 2007para ahli berkumpul dalam konferensi Internasional bertema ‘Chocolate, Lifestyle, and Health yang diselenggarakan di Milan, Italia untuk membahas berbagai manfaat cokelat yang sangat dirasakan oleh para ahli tersebut.

Jika pada manusia manfaat cokelat bisa dirasakan, namun hal sebaliknya pada hewan. Oleh sebab itu, jangan pernah sekalipun untuk  mencoba memberikan cokelat ke anjing, kucing, kuda, burung nuri da beo. Hal ini karena zat teobromin yang terkandung di dalam cokelat tidak dapat dicerna oleh usus mereka dan akan merusak metabolisme. Bahkan efek paling membahayakan adalah dapat menyebabkan kematian. Sungguh ironis kan?