Cegah Kerontokan Rambut. Begini Kata Ahli

Hidup Sehat – Kerontokan rambut masih menjadi masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Rambut rontok bisa saja terjadi yang disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut meliputi faktor hormonal, usia, proses pewarnaan, proses perlurusan, dan masih banyak lagi faktor yang dapat menyebabkan kerontokan itu bisa terjadi. Rambut rontok tidak dapat dianggap sebagai masalah sepele, karena apabila dibiarkan kerontokan itu akan mencapai tingkat kerontokan yang semakin parah bahkan kerap mengalami kebotakan.

Dr Gaurang Krishna, seorang ahli Bedah Transplantasi Rambut di Medlinks India memberikan beberapa tips berikut untuk mencegah kerontokan rambut.

  1. Penuh nutrisi

Dr Gaurang menekankan bahkan asupan makanan juga sangat memberikan dampak terhadap kesehatan rambut. Oleh sebab itu, penuhi kebutuhan protein dan nutrisi yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan rambut. Karena kekurangan vitamin A, C, D, zat besi dan biotin dapat memperlambat proses pertumbuhan rambut, yang tentunya jika dibiarkan maka dapat menyebabkan kerontokan rambut di kemudian hari.

  1. Suplemen

Ada beberapa suplemen yang berfungsi untuk memperkuat rambut. Beberapa jenis suplemen seperti biotin, zinc, kalsium pantothenate, vitamin D, omega 3, asam lemak dan masih banyak lagi yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Akan tetapi setiap orang memerlukan dosis yang berbeda. Sehingga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

  1. Hati-hati dengan produk rambut

Banyaknya produk rambut yang beredar di pasaran . Namun setiap orang perlu berhati-hati serta kritis dalam memilih banyaknya produk yang banyak beredar tersebut. Semua produk seperti shampoo, minyak rambut, vitamin atau serum rambut yang mengiklankan anti rontok. Sedangkan kondisi kulit kepala setiap orang memerlukan kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda.

Itu sebabnya, sang dokter pun mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak termakan iklan. Alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan produk yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing untuk mengurangi dan memperlambat kerontokan rambut itu terjadi.

  1. Batasi keramas

Memperhatikan waktu atau durasi keramas juga sangat penting selain memperhatikan pilihan produk rambut yang hendak digunakan. Diingatkan agar tidak keramas setiap hari, namun sebaiknya seseorang melakukan keramas dengan durasi satu sampai tiga kali dalam satu minggu.

“Tergantung pada jenis rambutnya, seseorang harus membatasi keramas. Cukup 2-3 kali seminggu,” ungkap Dr Gaurang Krishna.

  1. Kurangi stress

Stress menjadi salah satu faktor penyebab kerontokan rambut. Tubuh yang berada di bawah tekanan akan melepaskan hormone yang dapat merusak siklus pertumbuhan rambut. Sebaiknya, usahakan untuk meminimalkan stress dengan cara meditasi, olahraga, dan mempertahankan pola makan yang baik dan sehat.