10 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan Dan Mempercepat Penyembuhan Luka

Hidup Sehat – Makanan adalah salah satu kenikmatan hidup yang luar biasa. Tidak ada yang bisa menandingi kepuasan setelah makan makanan yang benar-benar enak. Akan tetapi saat memilih makanan yang disukai, alangkah baiknya juga melihat manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satu makanan yang dikenal lezat dan bergizi baik adalah ikan. Menurut lansiran Sehat88.com dari healthline, ikan adalah salah satu makanan tersehat yang ada di dunia ini.

Ikan sarat dengan nutrisi penting, seperti protein dan vitamin D. Ikan juga merupakan sumber asam lemak omega-3 terbaik di dunia, yang sangat penting bagi tubuh dan otak. Ada banyak sekali ikan yang bernutris dan bermanfaat baik bagi tubuh, salah satunya adalah ikan gabus. Ikan gabus dikenal memiliki banyak nama. Di antaranya adalah kocolan, bocek, haruan, aruan, kutuk, bogo, bayong, dan masih banyak lainnya.

Ikan gabus adalah ikan yang hidup di air tawar, sejenis predator. Ikan gabus termasuk ikan segar yang mudah ditemukan di Indonesia, seperti di danau, sungai, rawa, bahkan terkadang bisa ditemukan di sawah. Ikan gabus banyak mengandung protein albumin, tidak kalah dengan protein yang dikandung salmon. Protein ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, bahkan untuk ibu hamil sekalipun.

Nah, apa saja manfaat ikan gabus bagi kesehatan tubuh? Sehat88.com sudah merangkum manfaat ikan gabus untuk kesehatan dari berbagai sumber.

1. Membantu membangun otot

Kamu yang ingin membuat otot badan menjadi lebih besar dan bagus, bisa dengan mengonsumsi ikan gabus. Ikan gabus memiliki kandungan protein albumin yang dipercaya dapat membantu proses pembentukan otot dengan baik.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Ikan gabus memiliki daging yang kaya akan protein albumin. Protein ini sangat bagus berperan sebagai penyembuhan luka, seperti luka yang diakibatkan jatuh. Kandungan yang ada di ikan gabus akan mudah membentuk sel-sel baru di dalam tubuh yang telah rusak.

3. Penyembuhan luka setelah operasi

Kandungan yang ada di ikan gabus dapat membantu menyembuhkan luka setelah operasi, misalnya operasi caesar (operasi setelah melahirkan). Sama halnya pada penyembuhan luka lainnya, ikan gabus juga dapat cepat membuat sel-sel baru di dalam tubuh yang telah rusak karena bedah operasi.

4. Penyembuhan pembengkakan pada tubuh

Ikan gabus yang kaya akan protein albumin dapat mengatasi pembengkakan dalam tubuh. Misalnya bengkak di kaki setelah berkendara jauh menggunakan kendaraan umum atau pembengkakan kaki pada ibu hamil.

5. Membantu mengatasi penyakit diabetes

Penderita diabetes kabanyakan bingung saat memenuhi kalori harian mereka. Namun tidak perlu cemas, ikan gabus dapat memenuhi kebutuhan kalor bagi penderita diabetes dengan sehat tanpa cemas.

6. Baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang

Ikan gabus banyak mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Dilansir Sehat88.com dari steemkr, ikan gabus memiliki kandungan kalsium sekitar 60 mg/100 gram dan 70 mg/ 100 gram fosfor. Jadi ikan gabus sangat baik dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi, terutama bagi anak-anak yang masih dalam mas pertumbuhan.

7. Meningkatkan albumin dalam tubuh

Ikan gabus kaya akan nutrisi protein dan albumin, sehingga bermanfaat baik untuk meningkatkan albumin dalam tubuh, terutama pada darah. Albumin adalah protein utama yang terdapat dalam darah manusia yang diproduksi oleh organ hati.

8. Bagus untuk wanita hamil

Bagi wanita yang sedang hamil, jenis ikan air tawar seperti ikan gabus di ketahui memiliki banyak manfaat. Kandungan proteinnya cukup tinggi di yakini sangat baik untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan juga janin.

9. Membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Ikan gabus mengandung zat albumin yang tinggi, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kandungan normal yang ada pada tubuh mencapai 60%. Apabila cairan dalam tubuh kurang, maka protein yang ada pada tubuh tidak akan berfungsi dengan baik.

10. Memperbaiki gizi buruk

Ikan gabus mengandung protein albumin tinggi dapat membantu mengatasi gizi buruk bagi anak maupun pada ibu hamil. Dilansir Sehat88.com dari hello sehat, dalam 100 gr gabus saja, sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.