Ketahui Manfaat Perlunya Minum Jus Wortel

Hidup Sehat –Wortel merupakan salah satu sayuran yang diketahui kaya akan vitamin. Wortel terkenal baik untuk mata karena mengandung vitamin A. Bukan hanya itu saja, wotel juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan kulit, otak dan jantung. Semua manfaat nutrisi yang terkandung dalam wortel dapat dinikmati hanya dengan minum jus wortel.

Jus wortel sendiri merupakan minuman dari ekstrak wortel, namun proses ekstraksi dapat memberikan cakupan nutrisi yang sangat terkonsentrasi.Dalam pembuatan satu gelas jus wortel, diperlukan empat hingga lima buah wortel.

Dilansir melalui First for Women, berikut manfaat dan nutrisi dari jus wotel.

Nutrisi untuk kesehatan mata dan penglihatan

Jus wortel mengandung beta karoten yang sangat tinggi, sejenis vitamin A. Vitamin A merupakan antioksidan yang diperlukan untuk memperkuat penglihatan karena dapat melindungi permukaan mata.

Sebuah riset penelitian menemukan bahwa adanya kaitan mengonsumsi beta karoten dari wortel dengan lebih rendahnya resiko dari degenerasi makula atau hilangnya penglihatan yang berkaitan dengan usia, katarak, dan glaucoma.

Jus wortel juga kaya akan kandungan lutein, antioksidan lain yang dapat melindungi mata dari cahaya yang terang dan merusak. Melalui riset lainnya menunjukkan bahwa penurunan resiko kehilangan penglihatan yang disebabkan faktor usia juga dapat dikaitkan dengan lutein.

Kesehatan kulit

Jus wortel juga baik bagi kulit, hal ini berlaku juga bagi seseorang yang menderita kelainan kulit. Kandungan beta-karoten merupakan anti-inflamasi yang kuat serta dapat mengurangi peradangan yang berhubungan dengan kondisi kulit, misalnya psoriasis.

Jus wortel juga kaya akan vitamin C, antioksidan lain yang dapat berguna sebagai anti penuaan seperti yang dapat diperhatikan melalui produk kulit yang diiklankan. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penuaan kulit, dapat pula meningkatkan pergantian sel dengan melawan munculnya garis-garis halus seperti kerutan.

Mencegah pikun atau demensia

Jus wortel sangat baik untuk otak. Selain itu bisa juga berfungsi untuk mencegah kondisi otak yang berkaitan dengan usia seperti pikun atau demensia. Stress osdidatif yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak serta gangguan kognitif dan kehilangan memori.

Beta-karoten yang terkandung dalam jus wortel dapat menyembuhkan stress oksidatif serta dapat memperkuat fungsi dan memori otak. Satu riset menemukan bahwa beta-karoten dapat secara signifikan mengurangi tingkat stress oksidatif. Ini berarti bahwa jus wortel dapat membantu memelihara sel-sel otak yang berharga dan membantu menjaga memori.

Kekebalan tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam jus wortel juga dikenal sebagai penambah sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu tubuh dalam mencegah penyakit. Dilakukan sebuah riset terhadap pasien yang menderita leukimia, hasil menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi rutin jus wortel merupakan pengobatan yang dapat menyebabkan kematian sel kanker, serta menghentikan sel penyakit tersebut berkembang.

Kesehatan jantung

Jus wortel juga diketahui banyak mengandung kalium, nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Kalium tersebut yang dapat membantu untuk memicu jantung agar memompa darah ke seluruh tubuh, dan berfungsi untuk menyaring darah lipid atau senyawa seperti lemak pada ginjal.

Hal tersebut yang dapat membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol dan trigliserida.Stress oksidatif juga dapat menyebabkan resiko penyakit jantung dan stroke menjadi lebih tinggi. Kualitas antioksidan pada jus wortel dapat membantu melawan kondisi tersebut.